Selasa, 26 Mar 2019 20:49 WIB

Ini Pernyataan Asus Terkait Serangan pada Server Live Update

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Asus mengakui adanya serangan ke server Live Update milik mereka, yang menurut mereka menggunakan metode Advanced Persistent Threat (APT).

"Serangan APT pada server Live Update membuat sejumlah kecil perangkat terinfeksi oleh aplikasi berbahaya yang diketahui menargetkan serangan pada pihak tertentu. Pihak Customer Service Asus telah mengambil tindakan terhadap masalah ini dan menawarkan bantuan kepada setiap konsumen yang terinfeksi," tulis Asus dalam keterangan resmi yang diterima detiKINET.

Tindakan yang dimaksud adalah pembaruan aplikasi Live Update, yaitu versi 3.6.8 yang dilengkapi dengan sistem verifikasi, enkripsi, dan keamanan yang lebih baik. Pembaruan ini, menurut Asus, memastikan tak ada lagi aplikasi berbahaya yang bisa menyusup ke dalam perangkat konsumen.

Asus pun mengklaim sudah meningkatkan sistem keamanan pada arsitektur software server-to-end-user untuk mencegah terjadinya kembali serangan serupa.

Selain pembaruan Live Update, Asus juga menyediakan aplikasi khusus untuk memeriksa perangkat secara online, yaitu untuk memastikan apakah perangkat yang dimiliki pengguna terinfeksi atau tidak oleh serangan tersebut.

ASUS sangat menyarankan setiap pengguna untuk memeriksa perangkatnya dengan cara mengunduh aplikasi tersebut. Aplikasinya sendiri bisa diunduh pada tautan ini. (asj/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed