Rabu, 06 Mar 2019 13:43 WIB

Password Ini Sangat Rumit Tapi Sering Dibobol, Kok Bisa?

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: DW (News) Ilustrasi. Foto: DW (News)
Jakarta - Jika dilihat, password 'ji32k7au4a83' tentu terlihat rumit. Aneh rasanya jika disebut password ini sudah 141 muncul dalam hasil pembobolan yang ditampilkan oleh situs 'Have I Been Pwned'. Kok bisa?

Namun itulah yang terjadi. Password 'ji32k7au4a83' ternyata sudah ratusan kali dibobol jika merunut pada informasi di situs tersebut. Ini artinya ada banyak orang yang menggunakan password rumit tersebut.

Adalah Robert Ou, seorang engineer hardware dan software yang pertama menemukan misteri urutan huruf dan angka ini, dan mempertanyakan kenapa banyak orang menggunakan password semacam ini.

Namun misteri ini bisa dipecahkan dengan mudah oleh para pengguna internet asal Taiwan. Rupanya, urutan huruf dan angka tak lazim itu jika diketik menggunakan keyboard ber-layout Zhuyin Fuhao asal Taiwan akan menjadi sebuah tulisan berbunyi wo de mima, yang artinya 'my password' atau password saya.


Jadi urutan huruf dan angka yang rumit itu sebenarnya adalah password yang tak aman jka dibaca dengan cara yang tepat, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Rabu (6/3/2019).

Zhuyin Fuhao adalah sebuah sistem karakter yang paling lazim digunakan di Taiwan. Sistem ini dipakai untuk mengajarkan anak-anak di sekolah dasar yang baru belajar membaca dan menulis dalam bahasa mandarin.

Perlu diingat juga, sistem ini hanya dipakai di Taiwan, sementara di China daratan menggunakan sistem yang berbeda. Maka dari itu, password 'ji32k7au4a83' dipastikan banyak digunakan oleh orang dari Taiwan, atau setidaknya orang yang pernah belajar dengan sistem Zhuyin Fuhao.

Tak cuma 'ji32k7au4a83' yang sering muncul di situs Have I Been Pwned, melainkan ada yang password sejenis yang lebih sering muncul di dalam peretasan. Yaitu 'au4a83' yang dibaca sebagai 'password'.

Hal ini bisa menjadi pertimbangan dalam memilih password. Jika anda menganggap memakai keyboard custom akan meningkatkan keamanan password, tapi masih menggunakan kata yang mudah ditebak, maka password anda tetap tidak aman. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com