Kamis, 07 Feb 2019 20:00 WIB

Pencuri Data Kita Bakal Ketahuan di Facebook

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi Facebook. Foto: Reuters Ilustrasi Facebook. Foto: Reuters
Jakarta - Facebook membuat langkah baru dengan mencegah perusahaan lain menyalahgunakan data penggunanya untuk menyasar iklan.

Mulai 28 Februari, akan muncul tombol 'why am I seeing this ad?' atau 'mengapa saya melihat iklan ini', ketika ada seseorang yang mengupload info kontak kita untuk keperluan iklan.

Kita akan mengetahuinya, jika berasal dari sumbernya langsung seperti retailer atau perusahaan yang bergantung pada mitra luar untuk mengumpulkan data.




Dikutip detikINET dari Tech Crunch, Kamis (7/2/2019), sebelumnya Facebook hanya akan memperlihatkan perusahaan mana saja yang menggunakan informasi kontak kita.

Langkah tersebut memang tidak menghentikan penyalahgunaan data sepenuhnya. Meski demikian, Facebook berupaya menjelaskan bagaimana para pengiklan mendapatkan data kita di Facebook dan memberikan opsi untuk membatasi akses ke sejumlah data kita ke depannya.

Di sisi lain, langkah tersebut membantu Facebook 'memergoki mitra iklan yang mengupload informasi tanpa sepengetahuan penggunanya.




Dengan demikian, perusahaan 'nakal' akan berpikir dua kali ketika mereka ingin memanen data pelanggan tanpa bertanya.

Facebook mungkin tidak begitu transparan dalam sejumlah kebijakan iklan yang dijalankannya. Meski demikian, beberapa pengamat menilai ini adalah langkah awal yang benar.



(rns/krs)