Senin, 04 Feb 2019 18:15 WIB

WhatsApp Bisa 'Endus' Tautan Mencurigakan, tapi Tetap Waspada

Kris Fathoni W - detikInet
Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - Pernah menerima tautan mencurigakan, apalagi jika itu datang dari nomor tak dikenal di chat WhatsApp? Tetap waspada walaupun sebenarnya WhatsApp juga bisa "mengendus" tautan macam itu.

Contoh tautan mencurigakan ini diperlihatkan WhatsApp di halaman pusat bantuan laman web situs resminya. Secara spesifik di bagian "Keamanan dan Privasi".




"Spammer mungkin menggunakan kombinasi karakter ini untuk mengecoh Anda agar Anda mengetuk tautan yang sepertinya akan membuka situs web yang sah, tetapi sebenarnya akan membawa Anda ke situs yang berbahaya," sebut WhatsApp.

WhatsApp Bisa 'Endus' Tautan Mencurigakan, tapi Tetap WaspadaFoto: dok. WhatsApp

Dalam contoh tersebut, si pengirim memberi iming-iming tiket gratis. Sekilas terlihat sah dan tak ada masalah karena tautannya menyertakan url WhatsApp. Tapi jika melihat lebih jeli, karakter di bagian "WhatsApp" bukanlah huruf "W" melainkan karakter yang sama sekali berbeda. Perhatikan saja titik di bawahnya.

Itu hanyalah salah satu contoh tautan mencurigakan yang bisa saja kamu terima di chat WhatsApp sehingga pengguna mesti tetap jeli dan waspada.




WhatsApp sendiri sebenarnya juga sudah punya sistem proteksi terkait hal ini. WhatsApp akan mengendus adanya tautan yang dianggap mencurigakan pada chat lalu memunculkan indikator untuk memberi peringatan kepada pengguna. Salah satu hal yang bikin indikator itu muncul adalah ketika sebuah tautan di chat WhatsApp dianggap mengandung kombinasi karakter yang relatif tidak umum, seperti contoh di atas.

"WhatsApp secara otomatis melakukan pemeriksaan untuk menentukan apakah sebuah tautan mencurigakan atau tidak. Untuk melindungi privasi Anda, pemeriksaan ini seluruhnya dilakukan pada perangkat Anda, dan karena adanya enkripsi end-to-end, WhatsApp tidak dapat melihat konten pesan Anda," demikian pernyataan WhatsApp.




(krs/vim)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed