Minggu, 04 Nov 2018 17:59 WIB

WhatsApp Kembangkan Fitur Anti 'Usil-usil Club'

Agus Tri Haryanto - detikInet
Layanan pesan instan WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET Layanan pesan instan WhatsApp. Foto: Adi Fida Rahman/detikINET
Jakarta - WhatsApp kalian sering 'dibajak' alias dipakai teman untuk mengirimkan pesan ke seseorang tanpa diketahui? Jika iya, mohon bersabar. Sebentar lagi WhatsApp punya senjata ampuh mengatasi teman-teman kalian yang 'usil-usil club' itu.

Menurut laporan terbaru yang diberikan WABetaInfo, Minggu (4/11/2018), WhatsApp sedang mengerjakan fitur anyar yang dinamakan Touch ID dan Face ID. Saat ini, fitur tersebut sedang dalam pengembangan ini untuk mengatasi kalian yang sering jadi korban keusilan teman. Selain itu, fitur ini juga akan berguna mengatasi kejahatan online.



Untuk diketahui, Touch ID adalah fitur keamanan yang mengandalkan sidik jari. Sedangkan, Face ID berupa fitur yang memanfaatkan wajah sebagai persyaratan keamanannya.

Fitur keamanan Touch ID dan Face ID yang akan hadir di WhatsApp.Fitur keamanan Touch ID dan Face ID yang akan hadir di WhatsApp. Foto: wabetainfo


Sederhananya, fitur ini sudah sering ditemukan di berbagai smartphone kekinian sebagai proteksi saat membuka layar ponsel. Bedanya, fitur tersebut diadopsi oleh WhatsApp untuk layanannya saja.

Seperti ini contoh proteksinya.Seperti ini contoh proteksinya. Foto: wabetainfo


Nantinya, fitur tersebut akan muncul di setting di bagian privasi. Pengguna bisa mengaktifkan Touch ID atau Face ID untuk memproteksi WhatsApp dari tangan-tangan jahil yang ingin mengirim pesan lewat akun WhatsApp kalian.



Bila sudah diaktifkan, WhatsApp tidak lagi bisa dibuka oleh sembarang orang tanpa berhasil melewati fitur keamanan Touch ID atau Face ID ini.

Belum diketahui kapan fitur ini mulai dirilis, begitu juga perangkat mana saja yang akan kebagian. Sejauh ini, WABetaInfo mengatakan Touch ID akan tersedia untuk pengguna iPhone yang memiliki sidik jari dan Face ID tersedia bagi yang mempunyai iPhone X, iPhone XR, iPhone XS, dan iPhone XS Max. (agt/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed