Sabtu, 13 Okt 2018 20:00 WIB

Ini Cara Cek Apa Akun Facebook-mu Terdampak Kasus Hack

Kris Fathoni W - detikInet
Ada cara mengecek apa akun Facebook-mu terdampak kasus hack (Foto: Alexander Koerner/Getty Images) Ada cara mengecek apa akun Facebook-mu terdampak kasus hack (Foto: Alexander Koerner/Getty Images)
Jakarta - Facebook baru saja memberi penjelasan lebih lanjut perihal kasus hack yang terjadi pada layanannya. Berikut cara mengecek apa akunmu terdampak kasus itu.

Pada bulan September lalu sebuah grup hacker menggunakan celah keamanan single login 'view as' Facebook untuk mengakses jutaan data pengguna. Penyelidikan pun langsung dilakukan perusahaan besutan Mark Zuckerberg itu.


Pada hari Sabtu (13/10/2018), Facebook memberi rincian informasi apa saja yang diakses dalam kasus hack tersebut. Termasuk di antaranya adalah nama pengguna dan info kontak, juga rincian pribadi seperti agama dan lokasi.
Facebook sekaligus menyertakan cara untuk melihat apakah akunmu sudah terdampak kasus hack tersebut dan informasi apa saja yang terakses tanpa izin.

Untuk mengetahuinya, yang perlu kamu lakukan adalah login ke akunmu lalu mengakses Facebook's Help Center. Informasi yang kamu cari ada di bagian bawah halaman itu.

Bagian tersebut akan menjelaskan apakah akun Facebook-mu terdampak kasus hack. Berikut keterangan yang muncul seandainya akunmu terdampak:

Ini Cara Cek Apa Akun Facebook-mu Terdampak Kasus HackFoto: screenshot akun Facebook


Jika terdampak, seperti dilansir The Verge, Facebook menyatakan bahwa saat ini kamu tidak perlu melakukan apa-apa untuk mengamankan data. Password tidak dicuri hacker sehingga tak perlu menggantinya. Yang dilakukan para dedemit maya itu cuma mencuri akses akun token yang membuat mereka bisa log-in. Bulan lalu token itu pun sudah di-reset oleh Facebook.
Sementara jika akun Facebook-mu tidak terdampak, informasi yang akan muncul adalah sebagai berikut:

Ini Cara Cek Apa Akun Facebook-mu Terdampak Kasus HackFoto: screenshot akun Facebook


(krs/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed