Jumat, 08 Jun 2018 17:25 WIB

Bug Privasi Facebook Mengancam 14 Juta Pengguna

Virgina Maulita Putri - detikInet
Ilustrasi Facebook. Foto: Reuters Ilustrasi Facebook. Foto: Reuters
Jakarta - Adanya bug di Facebook menyebabkan pengguna mengunggah postingan yang seharusnya terbatas dan privat menjadi publik. Diperkirakan 14 juta pengguna terkena dampak dari bug ini.

Facebook biasanya memiliki opsi bagi pengguna untuk memilih postingannya dapat dilihat oleh semua orang atau dibatasi untuk beberapa teman saja.

"Kami baru saja menemukan bug yang secara otomatis menyarankan untuk posting secara publik ketika pengguna membuat post Facebook mereka," kata Head of Privacy Facebook, Erin Egan, seperti dikutip detikINET dari BBC, Jumat (8/6/2018).



"Kita telah memperbaiki masalah ini dan mulai hari ini kita memberi tahu semua orang yang terdampak dan meminta mereka untuk meninjau post yang mereka buat selama periode tersebut," tambah Egan.

Bug ini sendiri aktif antara 18 hingga 22 Mei, namun Facebook baru mengembalikan semua post kembali privat pada 27 Mei. Pengguna yang terkena dampak nantinya akan menerima notifikasi serta kesempatan untuk meninjau post mana yang tidak sengaja dipost secara publik.

"Untuk lebih jelas, bug ini tidak mempengaruhi post yang sudah diunggah oleh pengguna sebelumnya - dan mereka masih dapat memilih audiens mereka seperti biasanya. Kami meminta maaf atas kesalahan ini," ujar Egan.

Bug ini terlihat minor dibandingkan skandal yang melibatkan Facebook sebelumnya. Tapi, tetap saja kontroversial bagi perusahaan yang sebelumnya terlibat dengan isu privasi pengguna. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed