BERITA TERBARU
Sabtu, 02 Jun 2018 17:06 WIB

Plug-In Chrome Ini Bisa Deteksi Password yang Kena Hack

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Foto: Getty Images - Justin Sullivan Foto: Getty Images - Justin Sullivan
Jakarta - Pengguna internet rata-rata menggunakan password yang sama untuk login ke email ataupun ke beberapa website yang berpeluang dicuri oleh para hacker. Kini ada plug-in untuk Chrome yang memungkinkan Anda mengetahui apakah password dicuri atau tidak.

Dijelaskan oleh IFL Science dari CNET, Sabtu (2/6/2018), Okta, perusahaan pembuat software manajemen login, baru-baru ini merilis sebuah plug-in browser bernama PassProtect. Saat Anda menggunakan password untuk masuk ke media sosial, sebut saja Twitter, plug-in tersebut akan memberi tahu Anda berapa kali passwordnya telah dicoba oleh hacker secara ilegal.


Layanan seperti ini memang telah tersedia sebelumnya, seperti database Have I Been Pwned, yang secara terus menerus menambahkan daftar email dan password yang pernah diretas. Okta tampaknya ingin menghadirkan fitur serupa namun dalam bentuk plug-in sehingga penggunanya bakal lebih mudah menggunakan plug-in ini dan menjadi lebih waspada.

"Dengan notifikasi secara real time ketika Anda mengetik, PassProtect langsung memberi tahu pengguna dari kemungkinan password yang lebih berisiko (diretas) sehingga mereka dapat mengambil langkah dengan cepat dan tanpa mengorbankan privasi," Okta menjelaskan di dalam sebuah tulisan di blog.

CNET juga juga memberi tahu plug-in ini sangat aman karena datanya tidak dikirimkan ke situs Have I Been Pwned. Saat ini, Anda hanya dapat menggunakan plug-in tersebut di browser Chrome, namun dikabarkan bakal tersedia di browser lain dalam waktu dekat. (jsn/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed