BERITA TERBARU
Jumat, 01 Jun 2018 05:04 WIB

Bug di Aplikasi Android Ini Umbar Isi SMS

Raden Fadli Sumawilaga - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Sebuah bug di aplikasi Google banyak dikeluhkan oleh pengguna Android, karena mampu menunjukkan isi pesan pendek (SMS) pengguna.

Hal ini terungkap ketika salah seorang pengguna Reddit mencari situs web menggunakan bar pencarian Google di Pixel Launcher. Secara tidak sengaja ia mengetik 'the1975.com' namun menambahkan titiknya menjadi 'the1975..com'. Hasilnya cukup mengejutkan, muncul pesan teks yang ada di dalam ponselnya, bukan daftar hasil pencarian Google sebagaimana biasanya.



detikINET pun mencoba memasukkan keyword yang sama pada aplikasi Google, lalu akan muncul permohonan untuk mengakses SMS. Dan benar saja, yang muncul adalah isi SMS dari ponsel.

Bug di Aplikasi Android Ini Umbar Isi SMS Foto: screenshot


Namun, hal tersebut tak berlaku ketika detikINET mencoba memasukan keyword lain seperti 'the1976..com', 'the1974..com' ataupun 'teh1975..com'

Bug di Aplikasi Android Ini Umbar Isi SMS Foto: screenshot


Bug di Aplikasi Android Ini Umbar Isi SMS Foto: screenshot

Bug di Aplikasi Android Ini Umbar Isi SMS Foto: screenshot


Dilansir ZDNet, Jumat (1/6/2018), pengguna lain juga menemukan pesan teks yang sama muncul pada aplikasi Google setelah mengetik 'vizela viagens'. Kemunculan pesan teks menggunakan kode itu memang bukan hal yang biasa untuk aplikasi Google. Pengguna memang bisa mendapatkan ringkasan pesan teks dengan meminta Google menampilkan pesan, namun bukan dengan cara seperti itu.



Sejauh ini tak ada yang mengerti bahwa mengetik sesuatu secara tidak sengaja akan memunculkan hasil yang sama. Pesan-pesan itu juga hanya akan muncul di aplikasi jika kita telah memberikan izin untuk Google guna mengakses SMS.

Isi pesan itu menampilkan nomor pengirim, isi pesan dan tombol balasan. Dari situ, pengguna juga bisa menonaktifkan akses ke SMS. Sayangnya sejauh ini Google belum memberikan komentar lebih lanjut terkait bug ini. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed