BERITA TERBARU
Kamis, 24 Mei 2018 23:12 WIB

Serangan Siber Ancam Final Liga Champions

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Valentyn Ogirenko/Reuters Foto: Valentyn Ogirenko/Reuters
Jakarta - Kota Kiev di Ukraina yang akan menggelar final Liga Champions antara Real Madrid vs Liverpool pada Sabtu (26/5) waktu setempat atau Minggu dini hari WIB, terancam akan terjadinya serangan siber dalam jumlah besar.

Peringatan tersebut langsung diumumkan oleh Security Service of Ukraine (SBU), sebuah otoritas penegak hukum dan badan keamanan Ukraina.

Dikutip dari Reuters, Kamis (24/5/2018) SBU memperingatkan adanya kemungkinan serangan siber terhadap badan-badan negara dan perusahaan swasta menjelang perhelatan final Liga Champions.



SBU mengungkapkan infrastrktur penting di Ukraina akan menjadi incaran para hacker. Mereka menyakini bahwa ulah tersebut didalangi oleh Rusia.

"Pakar keamanan percaya bahwa infeksi terhadap perangkat hadware di wilayah Ukraina adalah persiapan untuk tindakan lain sebuah agresi siber oleh Federasi Rusia, yang bertujuan untuk mengacaukan situasi selama final Liga Champions," ungkap SBU dalam pernyataannya.

Final Liga Champions ini sendiri dijadwalkan akan berlangsung di Stadion NSC Olimpiyskiy di Ukraina. Puluhan ribu dari kedua suporter akan berduyun-duyung menyambangi dan memenuhi stadion berkasitas 70.050 tempat duduk ini.

Tren serangan siber di ajang olahraga ini sedang marak terjadi. Sebelumnya, Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang 2018 lalu ini mendapatkan serangan siber pada saat upacara pembukaan acara tersebut.

Serangan siber ini, menurut keterangan resmi dari penyelenggara, berdampak pada akses internet dan siaran televisi. Namun mereka memastikan tak ada hal kritis dari penyelenggaraan Olimpiade yang terkena dampak dari serangan tersebut.

(agt/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed