Jumat, 13 Apr 2018 22:30 WIB

Alat Penjebol iPhone Lazim Dipakai Penegak Hukum AS

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta -
Berbagai badan penegak hukum di Amerika Serikat disebut lazim membeli alat penjebol iPhone, yang bisa membuka kunci semua jenis iPhone, termasuk iPhone X dan iOS 11.
Penampakan alat ini sangatlah sederhana, hanya sebuah boks berukuran 4x4 inch dengan dua buah kabel lightning di bagian depannya. Meski sederhana, harganya tergolong tinggi, mulai dari USD 15 ribu sampai USD 30 ribu tergantung versinya.

Versi lebih tinggi bisa digunakan untuk membuka kunci iPhone tanpa batas, sementara versi lebih murah terbatas dan membutuhkan koneksi internet agar bisa bekerja. Alat ini disebut membutuhkan waktu antara 3 jam sampai 3 hari untuk bisa membuka kunci sebuah iPhone, tergantung seberapa rumit password yang dipakai.

Alat semacam ini dibutuhkan oleh penegak hukum di AS karena Apple menolak bekerja sama dengan mereka untuk memberikan software yang bisa melakukan hal serupa. Meski sebenarnya legalitas penggunaan alat semacam ini, terutama terkait privasi data pengguna, masih dipertanyakan, demikian dikutip detikINET dari Phone Arena, Jumat (13/4/2018).
Seperti diketahui, seringkali pihak berwajib di AS mengeluhkan penyidikan kasus kriminal yang terhenti karena mereka gagal menembus enkripsi pada ponsel milik pelaku. Jadi bukan hal aneh jika banyak badan penegak hukum yang membeli alat semacam ini, tak cuma satu, melainkan beberapa buah sekaligus.


(rns/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed