Kamis, 12 Apr 2018 13:24 WIB

Facebook Kebobolan, Amankah Data Pengguna WhatsApp?

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Ilustrasi WhatsApp. Foto: detikINET/Irna Prihandini Ilustrasi WhatsApp. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Kasus penyalahgunaan data pengguna yang terjadi di Facebook membuat masyarakat di berbagai belahan dunia waspada. Tak ingin penggunanya khawatir, WhatsApp memastikan jika data pengguna aman.

Hal ini disampaikan WhatsApp dalam update terbaru di laman FAQ miliknya. Di sana tertulis bahwa data dan komunikasi pengguna aman, khususnya pesan bisnis di WhatsApp Business.

"Kami perduli privasi Anda. Semua pesan dan panggilan WhatsApp diamankand engan enkripsi end to end. Hal ini memastikan hanya Anda dan orang yang Anda hubungi bsia membaca dan mendengar panggilan Anda dan tak ada yang lain, bahkan WhatsApp sendiri," tulis WhatsApp.

Sudah jelas jika maksud dan tujuan WhatsApp menulis hal tersebut agar pengguna tak merasa khawatir, menngigat WhatsApp sendiri merupakan platform pesan instan milik Facebook.



Yang paling menarik adalah FAQ ini muncul tak terlalu lama setelah salah satu pendiri WhatsApp Brian Acton menyerukan #deletefacebook lewat akun Twitter-nya. Dalam cuitannya, dia mengatakan, ini adalah saat yang tepat untuk 'memboikot' jejaring sosial besutan Mark Zuckerberg itu.

Gerakan ini nyatanya terbukti berhasil menarik minat warganet dan beberapa tokoh penting lainnya, seperti misalnya pemilok Tesla dan SpaceX Elon Musk. Dalam thread percakapan, salah satu follower lain menanyakan kemungkinan Elon untuk menghapus akun Facebook SpaceX.

Elon membalas pertanyaan tersebut dengan menyebutkan dirinya bahkan tidak menyadari kalau SpaceX punya akun Facebook. Dia pun mengatakan akan menghapusnya.

Selain Elon Musk, adapula Chief Creative Officer Playboy Cooper Hefner yang ikut memanaskan gerakan tersebut. "Kami menjauh dari Facebook," tulisnya singkat pada kicauannya.

[Gambas:Video 20detik]

(mag/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed