BERITA TERBARU
Selasa, 10 Apr 2018 18:35 WIB

Video Despacito Terhapus, YouTube Diserang Hacker?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Aplikasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini Aplikasi YouTube. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Beberapa video lagu populer termasuk Despacito mendadak menghilang dari YouTube. Lagu Despacito yang dinyanyikan Luis Fonsi tersebut terpantau tidak bisa lagi ditemukan di situs milik Google tersebut, kabarnya karena ulah hacker.

Sebelum dihapus, Despacito adalah video yang paling banyak disaksikan dalam sejarah YouTube. Total, video Despacito sudah disaksikan lebih dari 5 miliar kali.

Dikutip detikINET dari Independent, video itu kabarnya kena deface oleh hacker yang menamakan diri sebagai Prosox dan Kuro'ish. Sempat terlihat video bersangkutan digantikan dengan gambar sekelompok orang bertopeng dan mengacungkan senjata. Dan ada juga tulisan mendukung Palestina.

Video Despacito Terhapus, YouTube Diserang Hacker?Hasil deface hacker. Foto: istimewa


Dan ternyata tidak hanya video Despacito saja yang kena serangan hacker. Video lagu dari Chris Brown, DJ Snake, Selena Gomez, Drake, Katy Perry dan Taylor Swift ada yang kena deface.

Semua video yang terdampak hacker diunggah dari akun YouTube Vevo. Sejauh ini belum jelas bagaimana hacker mendapatkan aksesnya. Google belum memberikan keterangan ketika dikonfirmasi.

BBC melaporkan bahwa akun Twitter yang tampaknya dimiliki salah satu hacker menuliskan pesan bahwa mereka melakukan aksi hack tersebut untuk kesenangan.

"It's just for fun, I just use [the script] 'youtube-change-title-video' and I write 'hacked'. Don't judge me I love YouTube," tulis akun tersebut. (fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed