Selasa, 10 Apr 2018 13:04 WIB

Pendiri Apple Ikut Boikot dan Beberkan Keburukan Facebook

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Steve Wozniak. Foto: Getty Images Steve Wozniak. Foto: Getty Images
Jakarta - Satu lagi nama besar di bidang teknologi yang memutuskan untuk memboikot Facebook. Ia adalah Steve Wozniak, salah satu pendiri Apple.

Wozniak mengatakan bahwa dirinya ikut untuk memboikot Facebook. Woz melakukan ini karena ia melihat Facebook tampak tidak peduli dengan aspek penting yang seharusnya menjadi perhatian bagi perusahaan berbasis internet, yaitu ancaman terhadap informasi pribadi milik penggunanya.

"Para user memiliki seluruh detail tentang hidupnya di Facebook, dan perusahaan ini mendulang banyak uang dari iklan lewat informasi tersebut. Keuntungan Facebook semuanya berasal dari data user, tapi mereka sama sekali tidak mendapatkan bagian dari keuntungan tersebut," ujarnya.



Bahkan, Wozniak menambahkan, ia lebih memilih untuk membayar Facebook dibanding informasi personalnya dieksploitasi untuk keperluan iklan. Pria berusia 67 tahun ini pun turut membandingkan Facebook dengan Apple.

"Apple menghasilkan uang lewat produk yang bagus, bukan dengan memanfaatkan kamu semua (konsumen). Sebagaimana dikatakan banyak orang, di Facebook, kamu adalah sebuah produk," katanya, seperti detikINET kutip dari USA Today, Selasa (10/4/2018).

Sebelumnya, ia mengaku telah menonaktifkan akun Facebook pribadinya. Keputusannya ini pun seakan membuatnya bergabung bersama Brian Acton (co-founder WhatsApp) dan Elon Musk (CEO Tesla, SpaceX, dan The Boring Company), yang sudah menyerukan #deletefacebook terlebih dahulu.

"Saya sedang dalam proses untuk meninggalkan Facebook. Jejaring sosial ini lebih banyak memberi saya keburukan dibanding kebaikan. Apple memiliki cara yang lebih aman dalam membagikan hal tentang penggunanya. Saya masih bisa bertahan dengan cara lama seperti email dan pesan singkat," tulisnya sebelum menonaktifkan akun Facebook miliknya.

Selain itu, ia pun juga sudah terlebih dahulu mengubah dan menghapus sejumlah informasi mengenai dirinya sebelum menonaktifkan akunnya tersebut. Lalu, jika tidak suka dengan Facebook, mengapa pria yang mendirikan Apple bersama Steve Jobs ini tidak menghapus akunnya sekalian?

"Saya tidak ingin seseorang mengambil alih akun saya, walaupun itu Steve Wozniak yang lain. Tapi saya tidak keberatan untuk berpisah dengan 5.000 teman di Facebook. Banyak yang saya tidak tahu juga di sana," ujarnya.

Selain keputusannya dalam meninggalkan Facebook, Woz pun turut angkat bicara mengenai iklan yang sudah terlalu banyak beredar di internet. Baginya, hal tersebut seakan sudah kelewat batas.



"Saya terkejut saat melihat begitu banyaknya kategori iklan dan juga para pengiklan yang harus saya hadapi dalam satu waktu. Saya tidak melihat ini sebagai hal yang diinginkan oleh orang-orang. Iklan dan spam adalah hal yang buruk saat ini, dan tidak ada kontrol maupun transparansi di dalamnya," tuturnya.

Ini bukan pertama kalinya Woz berkomentar mengenai keburukan dari Facebook. Sebelumnya, dalam sebuah konferensi internasional di Montreal, Kanada, tahun lalu, ia menyebutkan bahwa dirinya sedang mencoba untuk menghindari jejaring sosial tersebut, dan juga Google.

Menurutnya, kedua perusahaan tersebut menggunakan data konsumen dalam jumlah besar untuk 'menyajikan' iklan yang lebih terarah bagi para pengguna platform media sosial.

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed