BERITA TERBARU
Kamis, 05 Apr 2018 21:58 WIB

Mereka yang Meminta Zuckerberg Mundur

Fino Yurio Kristo - detikInet
CEO Facebook Mark Zuckerberg. Foto: Reuters CEO Facebook Mark Zuckerberg. Foto: Reuters
FOKUS BERITA Facebook Dipanggil DPR
Jakarta - Desakan agar Mark Zuckerberg mundur dari posisi CEO ataupun chairman Facebook digaungkan sejumlah pihak, menyusul skandal penyalahgunaan data puluhan juga pengguna. Harapan tersebut antara lain digaungkan sebuah lembaga konsumer internasional, SumOfUs.

Dikutip detikINET dari ComputerWeekly, SumOfUs yang memiliki 14 juta anggota, meminta Zuck mundur karena kebijakan pengumpulan data di Facebook tidak dapat diterima.

"CEO Facebook, Mark Zuckerberg, harus mundur. Terlalu lama Mark Zuckerberg membuat user tak tahu apa-apa, memungkinkan perusahan seperti Cambridge Analytica memanfaatkan user di platformnya dan mengumpulkan data serta panggilan privat user. Ini tak dapat diterima," kata Lisa Lindsley dari SumOfUs.

"Jelas bahwa cukup adalah cukup. Zuck membuktikan dirinya tidak mampu atau tidak mau melindungi data dan privasi user, sehingga kami yakin pemegang saham harus mengambil aksi untuk melengserkannya sebagai CEO dan chairman," tandasnya.

"Ini adalah waktunya ada kepemimpinan baru di Facebook, seseorang yang melindungi user dari pengumpulan data yang tidak etis, sensor oleh negara dan pelanggaran privasi," pungkas Lisa.

Di pihak lain, Scott Stringer, pakar investasi yang mengelola saham di Facebook meminta Zuck dilengserkan dari posisi chairman Facebook. "Mereka punya 2 miliar user. Mereka tidak bertindak dalam cara yang membuat orang nyaman dengan Facebook," tandasnya.



Desakan semacam itu sepertinya terdengar ke telinga Zuckerberg. Ia yakin masih belum saatnya mundur dan harus diberi kesempatan untuk tetap memimpin Facebook.

"Berikan aku kesempatan yang lain. Ini memang kesalahan besar. Ini kesalahanku," kata Zuck yang dikutip detikINET dari BBC, Kamis (5/4/2018).

"Ya, orang membuat kesalahan dan belajar darinya. Aku yang pertama mengakui bahwa kami tidak cukup memperluas pandangan tentang apakah tanggung jawab kami," tandasnya.

Zuck mengaku tidak diminta mundur oleh siapapun dalam skandal penyalahgunaan data Facebook ini, dan juga belum ada satupun pegawai Facebook yang dipecat olehnya. (fyk/fyk)
FOKUS BERITA Facebook Dipanggil DPR

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Fotostop: Biru Kuis

    Fotostop: Biru

    Jumat, 27 Apr 2018 10:41 WIB
    Warna biru memberikan kesan menenangkan, tenang dan juga damai. Warna biru pun bisa dijadikan objek foto yang menarik. Yuk ikutan kuis fotostop detikINET.
  • Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jaringan XL Diklaim Selimuti 93% Indonesia

    Jumat, 27 Apr 2018 10:18 WIB
    Hingga saat ini, cakupan jaringan data operator seluler ini telah melayani di kurang lebih 4.226 kecamatan yang berada di 406 kota/kabupaten di Tanah Air.
  • Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Pasar Ponsel Melemah, Samsung Tetap Untung

    Jumat, 27 Apr 2018 09:30 WIB
    Samsung Electronic mengungkap pasar ponsel secara global melemah dan memperlambat pertumbuhan pemasukkannya. Kendati begitu mereka masih meraup keuntungan.
  • Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Nokia N Series Siap Bangkit dari Kubur

    Jumat, 27 Apr 2018 09:04 WIB
    HMD Global kembali akan membangkitkan ponsel Nokia yang tenar di masanya. Vendor asal China itu dikabarkan bakal merilis ponsel N-Series dalam waktu dekat.
  • Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Janji Untung Cuma 5% ala Xiaomi

    Jumat, 27 Apr 2018 07:23 WIB
    Bos Xiaomi Lei Jun berjanji kalau perusahaannya itu akan membatasi laba bersih alias untung setelah pajak untuk penjualan produknya sebesar 5%. Kenapa?
  • Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Ganti Presiden, Nintendo Siap Pecahkan Rekor

    Jumat, 27 Apr 2018 06:45 WIB
    Nintendo mengumumkan nama baru yang akan menjadi presiden. Pergeseran jabatan ini diharapkan dapat mengalahkan rekor keuntungan yang ditorehkannya 9 tahun lalu.