Kamis, 05 Apr 2018 12:34 WIB

Data 1 Juta Pengguna RI Dicuri, Facebook Dipanggil Sore Ini

Agus Tri Haryanto - detikInet
Suasana kantor Facebook Indonesia. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Suasana kantor Facebook Indonesia. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
FOKUS BERITA Data Facebook Bocor
Jakarta - Menindaklanjuti laporan terbaru bahwa ada pengguna Facebook Indonesia yang disalahgunakan, Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara langsung memanggil perwakilan media sosial terpopuler sejagat itu pada sore hari ini.

"Sekarang saya masih di Surabaya. Barusan saya telepon perwakilan Facebook untuk bertemu saya sore ini," ujar Rudiantara melalui pesan singkatnya kepada detikINET, Kamis (5/4/2018).

Dari laporan terbaru, nyatanya data Facebook yang bocor itu lebih buruk dari sebelumnya, yakni bukan 50 juta, melainkan sampai 87 juta pengguna. Bahkan sekitar sejuta di antaranya ada dari Indonesia.



Chief Technology Officer Facebook Indonesia Mike Schroepfer, mengungkapkan perusahaannya telah berbagi data hingga 87 juta dengan perusahaan konsultan politik Cambridge Analytica. Dari jumlah tersebut, sebagian besar pengguna yang terkena dampak berada di Amerika Serikat.

Tapi paling mengejutkan, dari data yang disajikan Chroepfer, ada nama Indonesia di daftar negara yang data penggunanya dibagi ke Cambridge Analytica. Jumlahnya cukup banyak, yakni 1.096.666 atau sekitar 1,3% dari total jumlahnya. Angka tersebut membuat Indonesia berada di urutan ketiga setelah Amerika Serikat dan Filipina.



Adapun agenda pemanggilan perwakilan Facebook oleh Menkominfo pada sore ini, tak lain adalah untuk memastikan secara mendetai informasi yang diungkap oleh Facebook tersebut.

"Kelanjutan dari proses yang dilakukan Kominfo sejak dua minggu lalu. Menkominfo panggil perwakilan Facebook untuk bertemu sore ini di Jakarta," ungkapnya.

[Gambas:Video 20detik]

(agt/fyk)
FOKUS BERITA Data Facebook Bocor

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed