Selasa, 16 Jan 2018 12:09 WIB

Jarvis, Penjaga Keamanan Pintar BlackBerry

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Reuters Foto: Reuters
Jakarta - Bila menyebut nama Jarvis, kebanyakan orang akan langsung tertuju pada asisten virtual yang selalu menemani superhero fiksi Iron Man. Nama tersebut kini benar-benar hadir di dunia nyata, karena BlackBerry menggunakannya sebagai nama untuk software keamanan yang dikembangkannya.

Pada perhelatan 'North American International Automotive Show' di Detroit, Amerika Serikat, BlackBerry baru saja mengumumkan software keamanan terbarunya, BlackBerry Jarvis.

Peluncuran Jarvis dilakukan langsung oleh CEO BlackBerry John Chen. Jarvis, menurut Chen, merupakan solusi perangkat lunak rantai pasokan yang kompleks bagi para produsen mobil, sehingga tantangan yang dialami oleh vendor yang berhubungan dengan software akan diselesaikan oleh Jarvis.

"Jarvis adalah gebrakan bagi OEM karena untuk pertama kalinya, mereka memiliki tampilan real-time yang lengkap, konsisten dan mendekati keamanan seluruh kode dasar kendaraan yang diperlukan untuk memprediksi dan memperbaiki celah yang mencegah terjadinya tindak kriminal," tutur Chen seperti dikutip dari Slashgear, Selasa (16/1/2018).

Chen menjelaskan, Jarvis dirancang berdasarkan pengalaman, keahlian, dan teknologi BlackBerry akan keamanan siber. Dikarenakan Jarvis merupakan solusi pemindaian kode biner statis berbasis cloud yang unik, software ini bisa menemukan celah otomotif dalam hitungan menit.

Solusi ini diklaim cocok bagi kendaraan yang terhubung dan mobil tanpa sopir atau otonom, yang saat ini sedang tren dikembangkan di industri otomotif.

"Kendaraan terhubung dan otonom memerlukan beberapa software paling rumit, sehingga menciptakan tantangan bagi produsen mobil karena harus memastikan kode tersebut sesuai dengan standar industri dan standar pabrik, dan secara bersamaan memperjuangkan tingkat serangan yang sangat besar dari penjahat siber," tutup Chen. (agt/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed