Jumat, 05 Jan 2018 11:54 WIB

Gadget Apple Juga Kena Dampak Meltdown dan Spectre

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Apple akhirnya angkat bicara soal celah keamanan Meltdown dan Spectre yang tengah ramai dibicarakan. Mereka memastikan kalau semua perangkat Mac dan iOS-nya terkena dampak dari celah tersebut.

Sebelumnya Apple sempat diam tanpa mengeluarkan pernyataan apa pun ketika dua celah keamanan ini mulai ramai dibicarakan. Dan Apple adalah salah satu perusahaan terakhir yang baru angkat bicara soal Meltdown dan Spectre, meski sudah banyak kabar bertebaran bahwa perangkat Apple juga terkena dampak dari celah ini.

"Semua sistem Mac dan perangkat iOS terkena dampaknya, namun hingga saat ini belum ada exploit yang berdampak pada pengguna," tulis Apple dalam postingan blognya, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Jumat (5/1/2018).

Lebih lanjut, perusahaan asal Cupertino, AS tersebut menyarankan pengguna Mac dan iOS untuk mengunduh aplikasi hanya dari sumber terpercaya, seperti App Store. Pasalnya, Meltdown dan Spectre hanya bisa menyerang setelah mereka berhasil menyusup ke dalam sistem melalui malware.

Perangkat Apple terkena dampak dari Meltdown dan Spectre karena mereka menggunakan komponen dari Intel dan ARM, yang sudah mengakui kalau chip buatannya mempunyai dua celah keamanan tersebut. Salah satu perangkat Apple yang tak terkena dampak adalah Apple Watch.

Apple pun sudah mulai menambal celah dari Meltdown dengan sejumlah patch yang mereka rilis, yaitu iOS 11.2, macOS 10.13.2 dan tvOS 11.2. Mereka juga berencana merilis patch tambahan untuk Safari di macOS dan iOS untuk memperkuat pertahanan perangkat dari Spectre. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed