Rabu, 27 Des 2017 11:33 WIB

Awas! Facebook Messenger Disusupi Penambang Uang Digital

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: internet Foto: internet
Jakarta - Baru-baru ini ditemukan sebuah malware baru yang menjadikan Facebook Messenger sebagai targetnya. Tujuannya? Menambang uang digital.

Ya, malware bernama Digmine ini bisa menyusup dan menyedot sumber daya PC korbannya untuk dijadikan penambang mata uang digital Monero. Malware ini pertama kali ditemukan peneliti di perusahaan keamanan cyber Trend Micro.

Menurut para peneliti Trend Micro tersebut, Digmine akan mencari korban sebanyak-banyaknya agar hasil penambangan Monero yang didapat akan semakin banyak, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Rabu (27/12/2017).

Parahnya, malware ini tak cuma bisa membajak PC untuk menjadi penambang tetapi juga mengambil alih akun Facebook korbannya.

Cara kerja Digmine adalah dengan menyamar menjadi semacam file video, dan hanya akan menyebar ke Facebook Messenger versi desktop, tepatnya ketika dibuka menggunakan browser Google Chrome.

Jika dibuka di platform lain, Digmine tak akan berfungsi sehingga tak berbahaya lagi. Meski begitu, bukan berarti Digmine tak berbahaya, karena dia tetap bisa mengambil alih akun Facebook si korban untuk menginfeksi orang yang ada dalam daftar temannya.

Ini juga bisa membuat PC korbannya menjadi lambat karena sumber dayanya digunakan untuk menambang Monero.

"Jika akun Facebook korban diatur untuk login secara otomatis, Digmine akan memanipulasi Facebook Messenger untuk mengirimkan tautan sebuah file ke orang yang ada di daftar teman," tulis Trend Micro. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed