Selasa, 26 Des 2017 09:35 WIB

Snowden Ciptakan Aplikasi Anti Mata-Mata

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi: Zaki Alfarabi/detikcom Ilustrasi: Zaki Alfarabi/detikcom
Jakarta - Mantan kontraktor CIA Edward Snowden melanjutkan perjuangannya melawan aksi mata-mata dengan membuat sebuah aplikasi anti mata-mata.

Seperti diketahui, Snowden terkenal dengan keberaniannya membongkar program mata-mata yang dilakukan Badan Kemanan Nasional AS (NSA).

Kini, melalui aplikasi yang dinamakan Haven, Snowden menawarkan keunggulan utama yakni mengubah ponsel menjadi anti mata-mata. Untuk saat ini, Snowden baru merancang Haven bagi smartphone berbasis Android.

"Aplikasi ini ibarat anjing penjaga yang bisa dibawa ke kamar hotel manapun, dan bisa ditinggalkan untuk menjaga saat kita tidak berada di sana," ujarnya sebagaimana dikutip dari Business Insider, Selasa (26/12/2017).

"Haven sangat cerdas dan menyaksikan serta merekam segala sesuatu yang terjadi," sambung Snowden.

Cara kerja Haven cukup sederhana. Pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi Haven di Play Store, lalu instal di smartphone.

Setelah itu, letakkan ponsel di ruangan yang menurut Anda cukup penting dijaga saat tak ada di sana. Haven akan menjalani tugasnya karena mempunyai kemampuan merekam dan memfoto dari gerak-gerik mencurigkan.

Haven juga memanfaatkan microphone yang ada di smartphone untuk mendengarkan dan merekam apabila ada penyusup masuk ke ruangan.

Informasi-informasi ini akan dikirim kepada smartphone pengguna dengan aman karena melalui layanan terenkripsi seperti Signal atau Tor. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed