Sabtu, 21 Okt 2017 07:44 WIB

Awas! Ada Malware Berkedok Skin Minecraft

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Google belum sanggup mengatasi aplikasi bermuatan malware yang hadir di Play Store. Sejumlah aplikasi mencurigakan terus bermunculan, salah satunya kini mengatasnamakan game Minecraft.

Berawal dari perangkat PC, game sandbox buatan Mojang (Microsoft) ini sudah merambah ke perangkat mobile sejak beberapa tahun yang lalu. Walau masuk dalam kategori game lawas, Minecraft masih digemari sebagian gamer.

Memanfaatkan kepopuleran itu, seseorang akhirnya mencoba menciptakan aplikasi pancingan untuk menyerang dan menginfeksi siapapun yang meng-install-nya. Menurut laporan dari Symantec, sedikitnya ada aplikasi berkedok malware Minecraft yang ada di Play Store.

Seperti dikutip detikINET dari Phone Arena, Sabtu (21/10/2017), aplikasi akan menawarkan skin Minecraft. Setelah terinstall, aplikasi akan tersambung ke server komando dan kontrol, lalu akan mulai mengirim permintaan iklan.

Walau pada dasarnya tak ada iklan yang ditampilkan, ini tetap akan menghasilkan pendapatan iklan untuk developer dan menguras baterai ponsel pengguna. Tak cuma itu, aplikasi kemudian akan menginfeksi perangkat dan membuat botnet dan mengakses situs DDoS.

Oleh Symantec, malware ini diberi nama Sockbot dan sudah ada delapan aplikasi yang berkeliaran di Play Store dengan total install mencapai lebih dari dua juta. (rns/rns)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed