Senin, 28 Agu 2017 07:12 WIB

Awas! Malware Ini Menyaru Jadi Bocoran Game of Thrones

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: istimewa Foto: istimewa
Jakarta - Popularitas Game of Thrones dimanfaatkan dedemit maya untuk menyebar malware buataannya. Seperti apa modusnya?

Adalah perusahaan cybersecurity bernama Proofpoint yang pertama melaporkan hal ini. Mereka menemukan sejumlah kiriman email yang mengiming-imingi penerimanya dengan bocoran episode teranyar Game of Thrones.

Email tersebut menggunakan subyek yang bertuliskan 'Wanna see the Game of Thrones in advance?'. Sementara dalam bodi emailnya tertulis sejumal informasi lain soal episode teranyar serial besutan HBO tersebut.

Namun kuncinya ada pada attachment email tersebut, yaitu sebuah file Microsoft Word yang sudah disusupi malware. Saat attachment tersebut diunduh, malware akan segera menginstal sebuah remote access trojan (RAT) 9002.

Serangan semacam ini, menurut Proofpoint, pernah digunakan oleh grup dedemit maya yang terkait dengan pemerintahan China. Kemungkinan, serangan terbaru ini pun berasal dari pelaku yang sama.

Proofpoint tak menemukan bukti kalau serangan ini dinilai tak terkait dengan insiden peretasan jaringan HBO, yang berujung pada pencurian data sebesar 1,5TB dari server HBO, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Senin (28/8/2017).

(asj/asj)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed