Selasa, 22 Agu 2017 10:29 WIB

Waspada! Ganti Layar Sentuh Ponsel Bisa Jadi Korban Hack

Yudhianto - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Potensi hacking sekarang tak hanya melalui sotware, bahkan suku cadang ponsel pun kini bisa berbahaya. Kok?

Adalah peneliti asal Universitas Ben-Gurion di Negev, Israel yang menemukan informasi ini. Pasalnya ditemukan kalau suku cadang layar sentuh ternyata bisa diselipkan chip jahat. Fungsi chip ini tentu saja untuk merekam semua aktivitas pengguna di layar sentuh ponselnya.

Tak cuma itu, chip jahat di suku cadang layar sentuh ponsel tersebut bahkan dikatakan bisa mengambil alih fungsi ponsel sepenuhnya. Jadi seperti ponselnya dikendalikan dari jauh. Parahnya lagi, aplikasi antivirus tidak bisa mendeteksi lantaran itu adalah hardware bukan software.

Walaupun ketika pengguna melakukan factory reset, chip jahat akan tetap bisa meneruskan aksinya.

Untuk membuktikan ancaman tersebut, para peneliti juga telah melakukan pengujian di Nexus 6P dan LG G Pad 7.0. Hasilnya pun sesuai yang dijelaskan di atas.

"Dari pengujian kami berasumsi kalau chip pengendali layar sentuh yang aslinya telah digantikan oleh komponen jahat.," kata peneliti, seperti dikutip detikINET dari The Verge, Selasa (22/8/2017).

Sebuah laporan menyebut setengah dari pengguna ponsel yang ada di dunia memecahkan layar perangkat mereka setidaknya satu kali. Artinya potensi chip jahat ini meretas korbannya terbilang cukup tinggi.

Namun produsen ponsel juga bukannya diam saja. Layar ponsel saat ini selalu dibuat semakin kuat saja, sehingga meminimalisir kejadian pecah layar oleh pengguna. (yud/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed