Jumat, 04 Agu 2017 18:44 WIB

Kronologi Penakluk WannaCry Diringkus FBI di Bandara

Fino Yurio Kristo - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Las Vegas - Marcus Hutchins berada di Las Vegas untuk mengikuti konferensi hacker DefCon selama sekitar seminggu. Semua sepertinya baik-baik saja dan dia pun bersiap pulang ke negaranya, Inggris.

Tapi di bandara itu, mendadak Marcus ditangkap oleh agen FBI. Temannya, yang tak mau menyebut namanya, mengisahkan bagaimana kronologi Marcus dibekuk atas tuduhan kejahatan siber di masa silam.

"Dia ditangkap saat berada di bandara McCarran. Dia sudah check in dan duduk di lounge pesawat Virgin," katanya yang dikutip detikINET dari Telegraph.

"Dia digiring oleh agen FBI keluar bandara dan tidak pernah menjalani penerbangannya ke Inggris," tambah dia.

Sekitar 20 jam tak ada kabar, akhirnya diketahui kalau Marcus ditahan FBI. Dia dibawa ke Henderson Detention Center sebelum dipindahkan ke kantor FBI di Las Vegas.

Marcus masih sulit dihubungi. Orang tuanya belum berhasil berkomunikasi dengannya. Demikian juga teman-temannya.

"Aku sudah mencoba menghubunginya. Akhirnya aku bisa mengetahui di mana dia namun dia dipindahkan saat aku mau datang. Sekarang tidak tahu lagi di mana dia," kata sang teman.

Marcus yang dibekuk di Las Vegas oleh FBI menghadapi 6 dakwaan membantu membuat dan menyebarkan malware bernama Kronos yang beredar tahun 2014 sampai 2015.

Marcus yang terkenal karena menaklukkan ransomware WannaCry diduga bekerjasama dengan satu tersangka lain yang tak disebut identitasnya, dituduh menciptakan malware berbahaya. Malware bernama Kronos itu dijual online senilai USD 2.000 yang gunanya membobol data keuangan seperti kartu kredit. (fyk/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed