Kamis, 06 Jul 2017 18:50 WIB

Menkominfo Beberkan Jumlah Korban Serangan Petya

Muhammad Taufiqqurahman - detikInet
Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Foto: Ari Saputra/detikINET Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara. Foto: Ari Saputra/detikINET
Jakarta - Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara angkat bicara soal perkembangan terkini ransomware Petya di Indonesia. Apakah parah dampaknya?

"Ya, jadi ada beberapa yang laporan (terkena Petya-red). Terutama yang paling banyak itu yang ratusan itu query. Query itu permintaan bahwa ini sebaiknya bagaimana dan sebagainya," sebut menteri yang akrab disapa Chief RA itu di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (6/7/2017).

Menkominfo mengatakan, hanya sedikit pihak di Indonesia yang terkena Petya. Dari kalangan institusi menurutnya tak sampai sepuluh.

"Saya harus konfirmasi lagi, tapi saya diberi tahu karena saya minta cek sekali lagi ada yang dari keuangan," imbuhnya.

Untuk mengantisipasi serangan semcam Petya, Chief RA menyarankan selalu disiplin backup data, selalu download antivirus terbaru, gunakan OS orisinal lalu secara reguler ganti password.

Saat ini serangan ransomware Petya sudah melemah baik di dunia maupun Indonesia. Dan memang Indonesia tidak begitu terkena dampaknya terkait libur panjang lebaran.

"Kalau kita kan kita baru masuk hari Senin kemarin. Di Eropa Timur, Asia Selatan, Eropa Barat,di Korea, ya Amerika itu yang terkena. Di kita ini ada libur lebaran panjang 10 hari. Kalau mereka kan walaupun ada libur lebaran seperti kita itu kan ga sampe libur panjang. Saat mereka masuk kantor ya kena," papar dia.

"Dulu waktu Wannacry kita juga begitu hari Jumatnya itu adalah hari libur bersama. Jadi ada kesempatan bagi kita untuk sosialisasi," pungkasnya. (rou/rou)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed