BERITA TERBARU
Jumat, 23 Jun 2017 06:54 WIB

Ajaib, Malware Ini Tetap Aktif Meski Dihapus Antivirus

Yudhianto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta - Peneliti dari McAfee mengungkap sebuah malware yang disebut masih bisa aktif meski ketika statusnya telah dihapus dari komputer.

Malware yang dimaksud diketahui bernama Qakbot, ada juga yang meyebutnya sebagai Pinkslipbot adalah sejenis trojan perbankan yang pertama kali terdeteksi pada tahun 2007 lalu. Trojan jenis ini sejatinya sudah bisa diantisipasi oleh antivirus yang ada, dan bisa dihapus.

Tapi peneliti McAfee menemukan kalau Qakbot telah berevolusi. Meski ketika berhasil dihapus oleh antivitus, malware ini ternyata masih bisa tetap aktif.

Jadi ketika Qakbot telah berhasil menginfeksi sebuah perangkat, praktis fungsi dari malware tersebut akan selalu aktif. Bahkan ketika antivirus telah menghapus malware-nya sendiri.

Ketika ini terjadi, perangkat yang terinfeksi tetap bisamemata-matai data pengguna, juga melakukan aktivitas jahat yang mengincar server ataupun perangkat-perangkat dalam jaringan.

Lebih lanjut, peneliti McAfee juga menjelaskan kalau jenis baru trojan perbankan ini sekarang pun bisa mencuri data finansial pengguna lewat keylogger. Termasuk men-download program jahat ke dalam komputer lewat celah yang berhasil dieksploitasi.

Seperti detikINET kutip dari Tech Viral, Jumat (23/6/2017), sejauh ini disebut-sebut sudah ada 500 ribu komputer yang terinfeksi malware tersebut. Rata-rata data yang diincar adalah kartu kredit, data kredensial perbankan online, password email, nomor sosial, sertifikat digital, dan lain-lain.

Pihak McAfee mengaku belum mengetahui bagaimana cara malware tersebut yang bisa mengubah PC yang terinfeksi menjadi server proxy yang bisa dikontrol. Tapi produsen antivirus ini telah merilis sebuah tool yang bisa membersihkan komputer yang terinfeksi secara tuntas. (yud/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed