Jumat, 09 Jun 2017 13:34 WIB

Turla, Malware yang Menyebar Lewat Instagram Britney Spears

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Instagram Foto: Instagram
Jakarta -
Sebuah malware bernama Turla ditemukan bersembunyi di dalam akun Instagram milik Britney Spears, tepatnya pada bagian komentar.
Komentar yang disusupi Turla ini sekilas terlihat seperti spam, namun ketika sudah bertransformasi maka ia akan mengarahkan si korban ke sebuah situs. Selain akun Instagram ini, Turla juga ditemukan menyebar di sejumlah situs lain.
Komentar yang disisipi Turla dikirim oleh seorang pengguna Instagram bernama 'asmith215' -- kini sudah dihapus --. Salah satu isi komentarnya adalah karakter '2kdhuHX' yang sebenarnya adalah tautan yang dipersingkat.
Ketika terinfeksi Turla, si korban akan dibawa ke sebuah situs, yang sebenarnya adalah pusat kontrol alias server malware, yang akan memberikan instruksi pada malware juga untuk menerima kiriman data yang sudah dicuri.
Turla sebenarnya adalah sebuah grup hacker yang dipercaya terhubung dengan pemerintah Rusia, dan sering menyerang pemerintahan asing, militer, institusi pendidikan dan lainnya, demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Jumat (9/6/2017).
Menurut Eset, perusahaan anti virus yang pertama menemukan Turla, grup ini sudah aktif sejak 2014 lalu. Selain itu, malware ini juga akan menyebar pada situs-situs yang rutin dikunjungi oleh korban.
(asj/fyk)
-
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed