Rabu, 31 Mei 2017 03:45 WIB

Hati-Hati! Ada Modus Baru Penipuan 'Salah Kirim Kode'

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: Mei Amelia/detikcom Foto: Mei Amelia/detikcom
Jakarta - Beragam modus penipuan dilakukan untuk mengelabui para pelanggan belanja online. Salah satunya dengan cara menelepon korban dan meminta memverifikasi ulang kode rahasia ketika transaksi online.

Modus penipuan baru ini dilakukan dengan cara menelpon korban, lalu menanyakan apakah telah menerima SMS dari nomor 99733. Telepon dari orang tak dikenal itu meminta korban untuk meneruskan kode rahasia/transaksi pembayaran dengan dalih bahwa operator XL telah salah mengirimkan kode.

Tak hanya SMS dari 99737, pengirim yang mengatasnamakan MyXL dan codapay pun harus diwaspadai oleh masyarakat karena itu bagian dari penipuan.

Menyikapi hal tersebut, XL langsung mengimbau kepada pelanggannya agar senantiasa berhati-hati dan tidak serta-merta langsung menyerahkan kode rahasia yang diminta.

"Jika menerima SMS mencurigakan dari nomor tertentu yang berisi kode rahasia/transaksi pembayaran dan merasa tidak pernah melakukan transaksi tersebut, dimohon untuk mengabaikan SMS tersebut," ujar General Manager Corporate Communication XL Axiata, Tri Wahyuningsih, Rabu (31/5/2017).

"Jika Anda dihubungi seseorang untuk diminta mengirimkan atau menyebarkan kode verifikasi/kode rahasia yang Anda terima dari XL, dimohon untuk mengabaikan agar tidak terjadi penyalahgunaan akun," paparnya lebih lanjut.

Kemudian ia melanjutkan, bilamana merasa ragu atas SMS mencurigakan itu, maka pelanggan bisa langsung menghubungi customer service XL untuk mengecek kebenaran atas informasi tersebut, melalui akun twitter @myXLCare atau 817 dari nomor XL.

"Bagi Anda yang mengalami modus penipuan tersebut, dimohon untuk bisa melaporkan langsung kepada pihak yang berwajib untuk penanganan lebih lanjut, karena penipuan merupakan tindak pidana kriminal," tegasnya. (rou/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed