BERITA TERBARU
Senin, 22 Mei 2017 17:34 WIB

Microsoft Bisa Hambat Penyebaran WannaCry, Tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta - Ransomware WannaCry menyebar pada sistem operasi Microsoft jadul, seperti Windows XP. Dan Microsoft sebenarnya bisa menghambat penyebaran ransomware tersebut sebelum akhirnya parah dan sempat bikin heboh.

Namun Microsoft memilih untuk tak melakukan hal tersebut. Maksudnya adalah, Microsoft memilih untuk tak memberikan update patch secara gratis pada sistem operasi jadul seperti Windows XP.

Mereka malah mematok tarif yang mencapai tarif pertahun sebesar USD 1000 untuk kalangan perusahaan. Dengan tarif semahal itu, Microsoft menawarkan dukungan custom dan perlindungan dari serangan semacam WannaCry.

Microsoft memang akhirnya memberikan patch keamanan itu secara gratis untuk para pengguna Windows XP. Namun hal itu baru mereka lakukan setelah WannaCry menyebar ke 200 ribu komputer yang tersebar di 150 negara.

Momen serangan ransomware ini malah dimanfaatkan Microsoft untuk meyakinkan para konsumennya, baik konsumen perorangan atau pun perusahaan, untuk menggunakan sistem operasi anyar Microsoft, seperti Windows 10, demikian dikutip detikINET dari Cnet, Jumat (19/5/2017).

"Dengan adanya bermacam alasan bisnis, perusahaan terkadang memilih untuk tak memperbarui (OS) bahkan setelah 10 sampai 15 tahun, dan Microsoft menawarkan dukungan custom sebagai solusi sementara," ujar juru bicara Microsoft dalam keterangan persnya.

Namun, dalam keterangan yang sama, Microsoft lebih menyarankan perusahaan untuk memperbarui sistem operasi terbaru untuk bisa menyadari dan mendapat keuntungannya. Para ahli keamanan juga setuju kalau perlindungan terbaik adalah dengan sistem yang paling baru dan modern. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.