BERITA TERBARU
Senin, 22 Mei 2017 13:42 WIB

Mayoritas Korban WannaCry adalah Windows 7

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Windows XP dituding jadi pangkal permasalahan menyebarnya ransomware WannaCry. Karena OS itu mempunyai lubang keamanan menganga yang sudah tak diperbarui oleh Microsoft.

Namun ransomware tersebut ternyata lebih banyak menginfeksi Windows 7, yang merupakan sistem operasi lebih baru ketimbang Windows XP. Data ini dikeluarkan oleh Kaspersky, menyebut penyebaran ransomware WannaCry yang sangat cepat tak melulu kesalahan dari Windows XP.

Menurut data dari perusahaan anti virus asal Rusia itu, 98% komputer yang terinfeksi WannaCry merupakan komputer yang menggunakan OS Windows 7. Padahal, Windows 7 adalah OS yang masih didukung oleh Microsoft.

Artinya seharusnya celah keamanan yang jadi jalan masuk WannaCry sebenarnya sudah ditambal oleh Microsoft. Namun ini tentu tergantung dari kesadaran pengguna untuk rajin memperbarui OS-nya itu.

Sementara itu, jumlah komputer berbasis Windows XP yang terinfeksi WannaCry jumlahnya sangat tak signifikan. Sekalipun Microsoft sudah berhenti mendukung Windows XP beberapa tahun yang lalu, dan tak lagi menambal celah keamanan yang ada.

Namun kehebohan ransomware WannaCry ini membuat Microsoft terpaksa mengeluarkan patch untuk menambal celah keamanan di Windows XP, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (22/5/2017). (asj/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed