BERITA TERBARU
Jumat, 19 Mei 2017 12:59 WIB

Pesan Menkominfo untuk Cegah Virus Bergentayangan

Cici Marlina Rahayu - detikInet
Foto: Grandyos Zafna Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Virus ransomware bernama Wannacry tengah menyebar ke seluruh dunia dan menghantui pengguna komputer. Begini tips lanjutan untuk mengatasinya.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengatakan ada empat cara untuk meminimalisir ancaman virus tersebut. Salah satunya adalah sering mengganti password akun secara reguler.

"Ada 4 yang saya pesankan, Wannacry boleh dikatakan hampir lewat, tapi masih ada beberapa yang bergentayangan di dunia, tapi tidak hanya Wannacry, virus-virus lain juga ada, nah ini disiplin pertama selalu melakukan backup atas data. Kedua, rajin download antivirus, ketiga rajin meng-upgrade software, kemudian yang keempat sering ganti password," kata Rudiantara saat ditemui di Taman Makan Pahlawan, Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (19/5/2017).

Menurutnya, ganti pasword pada akun media sosial adalah hal paling mudah yang dapat dilakukan. Namun mayoritas dari masyarakat malas melakukannya.

"Ganti password ini sebenarnya paling mudah tapi juga paling malas, saya tidak tahu apakah kita ini malas atau apa, contohnya di kartu ATM saja, itu kan harusnya diganti secara reguler, kesadaran kita semua sama atas empat hal ini," ujarnya.

"Jadi selama empat ini kita jalankan secara disiplin secara rutin, kita tidak akan terpapar oleh virus yang jenisnya malware, atau semacamnya," imbuhnya.

Rudiantara mengatakan Indonesia rentan disiplin dalam pencegahan ancaman virus. Menurutnya kesadaran masyarakat dalam menjalankan empat pesan tersebut sangat diperlukan.

"Yang Wannacry kemarin seperti wakeup call bagi kita semua, Indonesia ini sangat rentan disiplin, semuanya disiplin masyarakat, secara umum ini boleh dikatakan masih harus ditingkatkan masih harus kita bangkitkan. Apa saya tanya teman-teman, pakai akun email Gmail atau Yahoo, kapan bikin akunnya, berapa kali pernah ganti password, kan itu kesadaran kita sebagai masyarakat yang umum," tutupnya. (cim/rou)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed