Selasa, 16 Mei 2017 13:45 WIB

Hacker Ancam Disney Mau Sebar Film Pirates of the Caribbean

Muhammad Alif Goenawan - detikInet
Foto: Dok. Walt Disney Studio Motion Pictures Foto: Dok. Walt Disney Studio Motion Pictures
Jakarta - Serangan siber dengan tebusan uang Bitcoin tampaknya tengah menjadi tren di kalangan hacker. Selain kasus WannaCry, produsen hiburan Disney pun belakangan turut mengalami hal yang sama.

Seorang hacker mengklaim telah memiliki salinan dari film Pirates of the Caribbean terbaru. Peretas ini pun mengancam akan menyebarkan video yang berisi adegan dalam film lewat dunia maya apabila tuntutannya tidak dipenuhi.

Sontak ancaman ini mengundang perhatian CEO Disney Bob Iger. Namun, dari hasil diskusinya dengan karyawan ABC, pihak Disney sangsi apabila hacker tersebut benar-benar telah berhasil mencuri salinan dari film Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales.

Film ini rencananya akan tayang pada tanggal 26 Mei 2017. Meski demikian, hacker tidak menyebutkan tenggat waktu kapan ia mulai akan menyebarkan film tersebut.

Pihak Disney pun, seperti dikutip detikINET dari Digital Trends, Selasa (16/5/2017), menolak untuk membayar hacker, yang meminta tebusan bitcoin dalam jumlah besar. Ketimbang menebus tuntutan, pihak Disney malah berkolaborasi dengan FBI untuk memecahkan kasus dan mengetahui bagaimana film bisa dicuri.

Apa yang dialami oleh Disney sama dengan kasus yang menimpa Netflix beberapa waktu lalu. Perusahaan streaming video ini mendapat ancaman serupa dari hacker terkait serial Orange Is The New Black.

Namun Netflix juga enggan untuk membayar. Alhasil, hacker lantas menyebar 10 episode dari season terbaru Orange Is The New Black di dunia maya. (mag/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed