Kamis, 04 Mei 2017 13:30 WIB

Awas! 'Google Docs' Jadi Korban Phising

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Anda perlu berhati-hati jika menerima kiriman file melalui Google Docs, bahkan jika kiriman itu berasal dari orang yang dikenal.

Bisa saja kiriman file itu merupakan spam dari serangan phising yang tengah banyak beredar. Serangan ini diungkap oleh seorang pengguna forum Reddit, yang menyebut kalau serangan ini mengirimkan email undangan ke si korban dari seseorang yang mungkin mengenalnya.

Dalam undangan tersebut si korban diajak untuk memberikan akses ke akun Google-nya kepada program pihak ketiga. Parahnya, program pihak ketiga ini menyaru dengan nama Google Docs.

Jika si korban tertipu dan memberikan akses ke akun Google-nya, si program ini akan mendapat akses ke dalam email dan address book si korban. Aplikasi ini juga akan mengirimkan pesan spam yang sama ke setiap alamat email yang ada di address book si korban, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (4/5/2017).

Sebenarnya cara membedakan antara laman Google Docs asli dengan laman Google Docs abal-abal ini terbilang mudah. Pengguna cukup mengarahkan kursornya untuk menyorot tulisan Google Docs. Jika ternyata Google Docs tersebut abal-abal, maka yang muncul adalah tampilan seperti di bawah ini.

Awas! 'Google Docs' Jadi Korban PhisingFoto: Internet
Untungnya Google cepat bertindak dengan mematikan aplikasi Google Docs abal-abal tersebut. Mereka pun mengaku menginvestigasi masalah ini dan memberikan peringatan kepada pengguna untuk tidak tertipu oleh spam semacam ini. (asj/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed