Awas! Jebakan 'Pramugari Cantik Diculik dan Diperkosa'

Kolom Telematika

Awas! Jebakan 'Pramugari Cantik Diculik dan Diperkosa'

Penulis: Alfons Tanujaya - detikInet
Kamis, 23 Mar 2017 20:33 WIB
Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Seperti tak mau kalah dengan berita hoax politik yang mayoritas bertujuan menimbulkan keresahan dan memecah belah, saat ini juga tengah beredar konten hoax dengan tema yang tidak jauh-jauh dari pemerkosaan, pelecehan seksual dan video esek-esek.

Tujuannya tentu untuk menarik perhatian pembaca sehingga melakukan klik pada konten yang telah dipersiapkan. Penyebaran dilakukan terutama mengandalkan posting di wall dan group Facebook beranggota banyak yang jika di klik akan mengarahkan pada situs blogspot yang telah dipersiapkan sedemikian rupa.

Situs jebakan di blogspot akan menampilkan pancingan yang telah di rancang sedemikian rupa dan jika korbannya memang 'gelap mata' ingin melihat konten yang dijanjikan, ia akan dipandu ke situs phishing yang dibuat mirip dengan situs login Facebook untuk mencuri kredensial Facebook-nya.

Setelah akun Facebook didapatkan, akun tersebut akan digunakan untuk melakukan posting lagi pada group Facebook lain guna mendapatkan korban lebih banyak lagi. Selain mencuri kredensial, situs blogspot yang telah dipersiapkan juga mendulang pendapatan dari iklan Adwords dengan menampilkan iklan obat kuat dan iklan dewasa lainnya.

Khusus untuk pengguna gawai yang melakukan klik akan memicu instalasi aplikasi dimana hal ini akan memberikan keuntungan finansial bagi pembuat situs yang kelihatannya menjadi salah satu tujuan utama aktivitas ini.

Usaha ini dilakukan secara cukup terorganisir terlihat dari banyaknya situs blogspot yang telah dipersiapkan dengan isi berita dan judul yang provokatif dan semuanya tidak jauh-jauh dari syahwat.

Adapun salah satu tema posting yang cukup ramai beredar adalah seperti pada gambar 1 di bawah ini. Lengkap dengan gambar wanita yang mengenakan seragam pramugari dari salah satu maskapai penerbangan nasional.

Awas! Jebakan 'Pramugari Cantik Diculik dan Diperkosa'Gambar 1, Hoax pramugari cantik diperkosa

Ada beberapa variasi narasi yang beredar. Adapun salah satu narasi yang populer beredar adalah sebagai berikut:

<<>>
Pramugari cantik sebuah maskapai di Indonesia diculik oleh Mantan pacarnya, karena sakit hati diputusin oleh ceweknya yang lebih memilih calon suami seorang pengusaha konglomerat. Tak hanya diculik, pramugari ini pun diperkosa secara brutal oleh mantannya dan direkam dengan Handycame. Darah keluar dari m***k pramugari yang cantik ini, yang ternyata masih perawan. Dengan sengaja sang mantan mengupload video perkosaan tersebut ke akun facebook pramugari. Hingga kini Video Perkosaan berdurasi 14 menit 12 detik ini sudah ditonton 108.268 kali. Tonton videonya =>> https://sudilkhlaefl908324fdshf.blog**ot.co.id/
<<>>

Menurut pantauan Vaksincom, ada belasan variasi tema berita yang dipersiapkan dan diedarkan sejak awal Maret 2017 dengan bahasa dan konten Indonesia. Sehingga diperkirakan pembuat hoax ini kemungkinan besar adalah orang Indonesia yang ingin mendapatkan keuntungan finansial dari penyebaran hoax dengan konten seksual yang provokatif.

Sedangkan situs yang dipersiapkan mayoritas menggunakan layanan hosting gratis blogspot.com dan blogspot.co.id. Kemungkinan alasan dari pemilihan situs blogspot ini untuk mencegah upaya pemblokiran domain jika menggunakan domain sendiri dan juga pertimbangan biaya karena membuat situs di blogspot tidak dikenakan biaya dan sistemnya juga sudah cukup handal, teruji dan jika ingin melakukan pemblokiran harus memblokir alamat situs satu per satu dan tidak mungkin memblokir domain blogspot karena banyak situs lain di blogspot yang berguna.

Jika tautan yang diberikan di klik, maka akan membuka halaman situs blogspot yang telah dipersiapkan seperti pada gambar 2 di bawah ini.

Gambar 2, Situs blogspot yang telah dipersiapkan pembuat hoax Gambar 2, Situs blogspot yang telah dipersiapkan pembuat hoax Foto: dok. Vaksincom

Menurut pantauan Vaksincom, situs di blogspot yang dipersiapkan hanya mengandung gambar saja dan sama sekali tidak mengandung video. Adapun gambar seperti video yang tampil sebenarnya juga gambar yang ditempeli logo player video supaya dikira video oleh pengakses situs, dilengkapi dengan kalimat download video mungkin akan makin membuat korbannya percaya ia akan melihat video.

Jika pengaksesnya terkecoh dan mengklik gambar yang diberikan, maka ia akan diarahkan pada situs phishing yang meminta korbannya memasukkan kredensial Facebook guna melihat video yang dijanjikan. (lihat gambar 3)

Gambar 3, Situs phishing pencuri kredensial Facebook yang ditampilkan Gambar 3, Situs phishing pencuri kredensial Facebook yang ditampilkan Foto: dok. Vaksincom

Kalau anda perhatikan dengan seksama, domain situs yang meminta kredensial Facebook ini bukan dari Facebook melainkan dari gilainfo.us sehingga dapat dipastikan situs ini adalah situs phishing pencuri kredensial Facebook.

Jika anda memasukkan kredensial Facebook anda, anda tidak akan mendapatkan akses video yang dijanjikan tetapi anda akan dialihkan langsung ke situs iklan yang memberikan informasi bahwa video ini hanya dapat ditonton menggunakan aplikasi UC News (lihat gambar 4).

Jika anda menginstal UC News, maka anda dapat dikategorikan sebagai dermawan yang baik hati namun kurang pintar dan apes, karena selain memberikan keuntungan finansial dari instalasi apps kepada pembuat situs phishing, anda juga memberikan bonus kredensial Facebook (username dan Password anda).

Gambar 4, Aplikasi UC News yang disarankan untuk digunakan Gambar 4, Aplikasi UC News yang disarankan untuk digunakan Foto: dok. Vaksincom

Pada situs phishing di gambar 3, ada dua kotak mirip konten video YouTube, jika anda klik bukan video yang anda dapatkan melainkan iklan pembesar alat kelamin pria.

Sementara jika Anda melakukan akses dari gawai anda, maka Anda akan langsung diarahkan pada instalasi UC News seperti pada video di bawah ini.



Jika anda cukup kritis, yang menjadi pertanyaan yang cukup menggelitik adalah ingin menonton video kok bukan dengan video player tetapi menggunakan news reader. Karena itulah Vaksincom menyarankan anda untuk berhati-hati tidak melakukan instalasi apps yang tidak anda ketahui keamanannya. Apalagi yang apps yang diarahkan oleh iklan video porno.

Aktor Intelektual

Lalu, siapa aktor intelektual di balik penyebaran hoax yang cukup terorganisir ini? Menurut pantauan Vaksincom, aktivitas kurang bertanggung jawab ini dilakukan cukup terorganisir dan telah dipersiapkan dengan seksama.

Terlihat dari konsistensi pembuat hoax yang secara berkala membuat tema berita vulgar baru di halaman blogspot dan menyebarkan di wall dan group facebook baik menggunakan akun Facebook abal-abal ataupun akun Facebook curian guna menjaring lebih banyak korban.

Setidaknya Vaksincom mendapatkan tiga profil blogger yang telah secara serius mempersiapkan konten berita-berita vulgar dan disebarkan secara rutin setiap hari. Jika hal ini tidak dihentikan dan dilihat oleh anak di bawah umur atau siapapun yang tidak bisa mengendalikan dirinya dengan baik, dikhawatirkan hal ini akan mempengaruhi perkembangan psikis dan menyebabkan penyimpangan perilaku atau kekerasan seksual.

Adapun beberapa profil yang sengaja mempersiapkan berita Hoax vulgar untuk disebarkan melalui blogspot adalah sebagai berikut :

Awas! Jebakan 'Pramugari Cantik Diculik dan Diperkosa'Foto: dok. Vaksincom


Vaksincom menyarankan para orang tua untuk berhati-hati dan selalu mengawasi buah hati anda. Komunikasikan bahaya konten vulgar ini dan pihak yang berwenang untuk melakukan tindakan yang diperlukan agar konten vulgar ini tidak berkembang dan memberikan dampak negatif pada generasi muda Indonesia.


*) Penulis, Alfons Tanujaya merupakan praktisi keamanan internet dari Vaksincom. (rou/rou)