BERITA TERBARU
Senin, 20 Mar 2017 13:45 WIB

Karim Baratov, Hacker Yahoo yang Hobi Koleksi Mobil Mewah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Internet Foto: Internet
Jakarta - Satu dari empat orang yang sudah didakwa dalam kasus peretasan Yahoo adalah Karim Baratov, yang ternyata seorang anak muda yang sering pamer kekayaan dan mobil mewah di media sosial.

Baratov adalah pemegang kewarganegaraan Kanada dan Kazakhstan berusia 22 tahun, yang saat ini telah tertangkap dan berusaha melepaskan diri dari jeratan ekstradisi ke AS atas tuduhan bekerja sama dengan intelijen Rusia dalam meretas jaringan milik Yahoo pada 2014. Pengacaranya mengklaim sebenarnya dia hanyalah kambing hitam di kasus yang menghebohkan ini.


Ia sendiri ternyata seorang yang aktif di media sosial, baik Facebook maupun Instagram. Di jejaring media sosial itu, bertebaran Baratov tengah berpose di depan berbagai mobil mewah, yang menggunakan plat nomor sesuai namanya.

Data dari Kementerian Transportasi Kanada menyebutkan kalau Baratov selama lima tahun terakhir tercatat memasangkan plat nomor 'Mr Karim' ke berbagai mobil mewah dari berbagai merek, seperti Aston Martin, Porsche, Audi, Lamborghini, Mercedes Benz dan tiga buah BMW.

Karim Baratov, Hacker Yahoo yang Hobi Koleksi Mobil MewahFoto: Internet
Baratov juga disebut mampu membeli sebuah rumah yang terbilang besar di Kanada saat ia masih SMA, juga menjual sebuah perusahaan internet senilai USD 20 juta, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Senin (20/3/2017).

Menurut tetangganya, Baratov sering menggelar pesta di rumahnya itu, di mana para tamunya itu juga membawa mobil mewah yang diparkir di sepanjang jalan komplek rumahnya.

Di rumah tersebut, menurut tetangganya, Baratov tinggal sendirian meski terkadang orang tuanya datang berkunjung. Seorang tetangganya yang bernama Silvia juga menyebut Baratov pernah memberikan segepok uang pada cucunya pada saat perayaan Halloween.

Karim Baratov, Hacker Yahoo yang Hobi Koleksi Mobil MewahFoto: Internet
Dalam sebuah situs tanya jawab di internet Baratov menyebut ia adalah seorang programer profesional, yang juga aktif di pasar saham. Dalam laman Facebook miliknya tertera sebuah tautan ke situs elitespace.net, sebuah situs berbahasa Rusia yang menawarkan jasa web server dan web hosting khusus Rusia dan China.

"Saat (berusia) 14 tahun saya menghasilkan uang lebih banyak ketimbang kedua orang tuaku. Saat 15 tahun aku mendapatkan uang sejuta pertamaku," tulis Baratov dalam situs tanya jawab di internet. (asj/fyk)
Load Komentar ...

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Desain LG V30 Mirip BlackBerry Priv?

    Desain LG V30 Mirip BlackBerry Priv?

    Senin, 29 Mei 2017 10:01 WIB
    LG biasanya tampil beda pada desain ponsel seri V-nya, seperti V10 dan V20 yang menggunakan layar kedua pada bagian atasnya. Bagaimana dengan V30?
  • Kabar Duka Cita dari Pendiri Uber

    Kabar Duka Cita dari Pendiri Uber

    Senin, 29 Mei 2017 09:38 WIB
    Pendiri dan CEO Uber, Travis Kalanick, sedang berduka cita. Kedua orang tuanya mengalami kecelakaan yang membuat sang ibu meninggal dunia.
  • Bos Snapchat Resmi Menikahi Miranda Kerr

    Bos Snapchat Resmi Menikahi Miranda Kerr

    Senin, 29 Mei 2017 08:25 WIB
    CEO Snap--dulu Snapchat--Evan Spiegel resmi menikahi supermodel Miranda Kerr. Pernikahan dilakukan di rumah mereka di Brentwood, California, Sabtu (27/5/2017).
  • Essien dan Irfan Bachdim Jadi Pelatih Go-Jek

    Essien dan Irfan Bachdim Jadi Pelatih Go-Jek

    Senin, 29 Mei 2017 03:18 WIB
    Jelang big match antara Persib Bandung dan Bali United, Michael Essien dan Irfan Bachdim telah lebih dulu bertanding di lapangan bersama para driver Go-Jek.
  • Totti Jadi Raja di Twitter

    Totti Jadi Raja di Twitter

    Senin, 29 Mei 2017 02:43 WIB
    Sejak melakoni pertandingan terakhirnya, Totti langsung melesat jadi trending topic dunia di Twitter. Tercatat ada 488 ribu cuitan yang mengelu-elukan namanya.