BERITA TERBARU
Selasa, 08 Nov 2016 07:17 WIB

Edge, Chrome, dan Firefox, Mana yang Lebih Aman?

Yudhianto - detikInet
Foto: StatCounter Foto: StatCounter
Jakarta - Untuk urusan fitur, mungkin Chrome menjadi browser paling memanjakan bagi pengguna. Tapi tidak demikian soal keamanan, sebuah laporan mengatakan kalau Edge adalah jawaranya.

Adalah NSS Labs yang merilisnya, lembaga kemananan digital ini mengungkapkan browser besutan Microsoft itu diklaim punya keamanan yang lebih baik dibanding pesaing. Utamanya untuk urusan Social Engineered Malware (SEM) dan serangan phising.

Pengujian yang dilakukan NSS Labs memang hanya mengikutsertakan Edge, Chrome dan Firefox karena dianggap paling banyak penggunanya. Dan hasilnya melaporkan bahwa Firefox mampu menangkap 81,4% situs phising yang dijadikan bahan pengujian dan 78,3% sampel SEM.

Chrome lebih baik, tercatat sebesar 82,4% situs phising mampu dikenalinya. Sementara untuk SEM, seperti detikINET kutip dari Tech Viral, Selasa (8/11/2016), Chrome mampu mengenali 85,8% di antaranya.

Tapi yang jadi juaranya adalah Edge. Pengenalannya terhadap situs phising dan SEM mencapai lebih dari 90%. Untuk situs phising yang berhasil diblokir mencapai 91,4%. Sedangkan 99% sampel SEM yang diujikan berhasil ditangkisnya.

Tak hanya itu, waktu yang dibutuhkan Edge untuk melakukan eksekusi terhadap SEM juga terbilang sangat cepat. Browser bikinan Microsoft ini cuma perlu waktu 10 menit. Selisihnya sangat signifikan dibandingkan Chrome dan Firefox yang sampai butuh waktu hingga 2 jam 39 menit, dan 3 jam 45 menit.

Praktis, hasil ini pun berhasil mencatatkan Edge sebagai paling aman untuk menangkis kedua kerentanan. Meski demikian fakta di lapangan masih menempatkan Chrome dan Firefox sebagai browser yang paling banyak dipakai.

(yud/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.