BERITA TERBARU
Rabu, 02 Nov 2016 13:50 WIB

Celah Keamanan Windows Diobok-obok Hacker Rusia

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: BBC Magazine Foto: BBC Magazine
Jakarta - Microsoft menyebut ada hacker asal Rusia di balik serangan yang mengeksploitasi celah keamanan yang ada di dalam sistem operasi Windows.

Hacker Rusia itu, menurut Microsoft, terkait dengan sejumlah serangan cyber terkait pemerintah Rusia dan peretasan tokoh-tokoh politik Amerika Serikat yang sebelumnya terjadi, demikian dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (2/11/2016).

Metode yang dipakai hacker untuk mengobok-obok celah itu adalah spear phshing menggunakan email yang berasal dari grup hacker bernama Strontium. Microsoft menyebutkan identitas korban dari peretasan yang dilakukan oleh hacker yang juga dikenal dengan nama Fancy Bear dan APT 28 ini.

Sekadar informasi, dalam serangan spear phishing, si hacker mengirimkan pesan tertentu -- biasanya menggunakan email -- yang akan mencoba menipu si korban untuk mengklik tautan tertentu yang berisi malware, atau pun membuka attachment berisi malware.

Pengungkapan peretasan ini dilakukan Microsoft setelah Pemerintah AS mengkaitkan serangan cyber yang menimpa sejumlah tokoh politik AS dengan Pemerintah Rusia, yang tujuannya untuk mendiskreditkan pemilihan umum AS mendatang. Tak terungkap apakah celah keamanan ini juga dimanfaatkan hacker untuk melakukan serangan tersebut.

Selain Windows, celah keamanan ini juga mengeksploitasi celah yang ada di software Adobe Flash. Microsoft akan merilis patch untuk menambal celah keamanan ini pada 8 November mendatang, tepat pada hari pemilihan umum di AS. (asj/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed
  • Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Unik, Ada Go-Jek Bentor di Gorontalo

    Minggu, 27 Mei 2018 20:10 WIB
    Go-Jek kini telah resmi hadir di Gorontalo. Kehadiran layanan ini melalui kemitraan dengan para pengemudi becak motor atau yang sering disebut dengan bentor.
  • Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Ada Jutaan Anak Muda yang Diblokir WhatsApp

    Minggu, 27 Mei 2018 19:03 WIB
    Jutaan pengguna WhatsApp tak bisa menggunakan layanan chat milik Facebook tersebut. Kebijakan pemblokiran ini diberlakukan bagi pengguna di bawah 16 tahun.
  • Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Leica Tutup Riwayat Kamera Ikonik M7

    Minggu, 27 Mei 2018 17:07 WIB
    Seri M bisa dibilang adalah lini kamera jagoan buatan Leica. Umurnya pun terbilang panjang, seperti seri M7, yang pertama dirilis pada 2002 silam.
  • Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Palapa Ring Paket Tengah Hampir Rampung

    Minggu, 27 Mei 2018 16:16 WIB
    Menteri Kominfo Rudiantara menargetkan penggelaran kabel serat optik untuk Palapa Ring paket tengah akan selesai pada Agustus dan bisa beroperasi September.
  • Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Bitcoin Masih Jadi Favorit Para Kriminal

    Minggu, 27 Mei 2018 15:10 WIB
    Bagi yang berinvestasi Bitcoin harus waspada. Mata uang digital paling populer ini ternyata masih jadi primadona para pelaku kejahatan siber di seluruh dunia.
  • Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Bapak Android Belum Mau Menyerah

    Minggu, 27 Mei 2018 14:06 WIB
    Essential kini ada di ujung tanduk. Sebab, pengembangan ponsel baru di bawah naungan bapak Android terancam dibatalkan, bahkan sampai perusahaannya mau dijual.
  • Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Akses 4G XL Tembus 376 Kota/Kabupaten

    Minggu, 27 Mei 2018 13:02 WIB
    Selain memperluas akses jaringan 4G, operator seluler XL Axiata yang identik dengan warna biru itu juga melakukan perluasan jaringan 4,5G di 100 kota/kabupaten.