Pendiri McAfee Ngaku Bisa Retas WhatsApp

Pendiri McAfee Ngaku Bisa Retas WhatsApp

ADVERTISEMENT

Pendiri McAfee Ngaku Bisa Retas WhatsApp

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Senin, 16 Mei 2016 08:49 WIB
Foto: Gizmodo
Jakarta - John McAfee -- pendiri perusahaan antivirus McAfee -- kembali membuat sensasi. Kali ini ia mengaku bisa membaca pesan terenkripsi WhatsApp secara remote alias dari jarak jauh.

McAfee dan timnya mengaku menemukan lubang dalam OS Android yang membuatnya tak cuma bisa membaca pesan terenkripsi di WhatsApp, juga sejumlah layanan lain, demikian dikutip detikINET dari Engadget, Senin (16/5/2016).

Celah keamanan ini diungkap oleh McAfee, setelah ia meminta izin ke Google. Meski Google sendiri belum berkomentar mengenai hal ini.

Namun sumber lain menyebutkan McAfee hanya bisa membaca pesan terinkripsi tersebut pada ponsel yang telah disusupi malware keylogger buatannya, yang kemudian diakuinya sebagai ponsel anyar.

Adalah Dan Guido, seorang pakar keamanan cyber yang mengatakan hal ini. Menurutnya McAfee berbohong dengan mengirimkan ponsel Samsung yang masih tersegel dalam boksnya kepada sejumlah wartawan.

Padahal, menurut Guido, ponsel tersebut sudah dibongkar dari boksnya, diisi malware, kemudian dimasukkan kembali ke dalam boks, dan disegel kembali.

McAfee sebelumnya juga pernah bikin heboh dengan mengaku bisa meretas ponsel milik teroris San Bernardino. Klaim ini tak pernah ia buktikan, alih-alih ia malah mengaku sengaja berbohong untuk mencari perhatian publik. (asj/asj)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT