Situs Pemerintah Jadi Mangsa Favorit Dedemit Maya

Situs Pemerintah Jadi Mangsa Favorit Dedemit Maya

- detikInet
Senin, 16 Feb 2015 11:55 WIB
Ilustrasi (gettyimages)
Jakarta - Aksi deface situs internet begitu identik di ranah Indonesia. Namun jika ditanya situs mana yang jadi favorit peretas, jawaban mudah yaitu situs milik pemerintah!

Internet Security Incident Responses Team on Internet Infrastructure (Id-SIRTII) mengungkapkan, insiden permak halaman situs (deface) pada tahun 2014 -- selama periode Januari sampai November -- mengalami penurunan dibandingkan tahun sebelumnya dengan total 12.088 insiden.

Situs pemerintah atau yang memiliki domain .go.id berada di daftar puncak yang paling banyak diserang dengan total 3.288 insiden. Adapun serangan tertinggi terjadi pada bulan September dengan 1.423 insiden.



Id-SIRTII sendiri memiliki sistem pemantauan dan deteksi yang mencatat serangan berdasarkan anomali-anomali yang terdeteksi. Anomali tersebut berpotensi sebagai ancaman dan gangguan terhadap infrastruktur internet di Indonesia.

Dalam kurun waktu Januari sampai pertengahan Desember 2014, total data serangan yang tercatat oleh sistem pemantauan Id-Sirtii mencapai 48,4 juta. Serangan tertinggi tercatat pada bulan Agustus dengan jumlah 18 juta serangan.



(ash/fyk)