Jebakan Iklan Menjadi Jutawan

Kolom Telematika

Jebakan Iklan Menjadi Jutawan

- detikInet
Senin, 06 Okt 2014 10:27 WIB
Wirausaha online yang menjanjikan ebook yang membuat orang cepat kaya
Jakarta - "Apakah Anda bosan dan capek dengan penghasilan yang pas-pasan? Jika Demikian, saya tahu persis apa yang Anda rasakan. Tidak ada yang lebih menyakitkan perasaan daripada penghasilan yang pas-pasan dan terus-terusan dikejar hutang".

Kira-kira narasi seperti di atas yang akan tampil pada situs wirausaha yang kemudian akan menggiring Anda untuk mentransferkan uang sebesar hanya Rp 99.000 guna mendapatkan rahasia wirausaha dan menjadi jutawan.

Siapa yang tidak tergiur jika ditawari cara mandiri menjadi kaya? Lengkap dengan testimoni yang meyakinkan dari situs-situs yang telah dipersiapkan dan dirancang dengan menarik.

Hanya dengan membayar Rp 99.000, Anda berkesempatan menjadi seperti ibu Siti yang menurut pengakuan situs tersebut sekarang penghasilannya Rp 90 juta per bulan (lihat gambar 2) dan mempunyai rumah seharga Rp 1 miliar dan Honda Accord seharga Rp 500 juta lengkap dengan video dan foto bak iklan TV Media.


Gambar 2: Iming-iming penghasilan besar supaya korbannya tergiur.

Tidak tanggung-tanggung, guna meyakinkan peminatnya pembuat situs ini sampai membuat situs-situs, video testimoni dan gambar-gambar yang meyakinkan seperti ebook yang bertumpuk yang telah dibaca (lihat gambar 3) yang menurut penelusuran Vaksincom gambar tersebut kemungkinan besar bukan e-book yang menjadi referensi pembuat situs melainkan dicomot langsung dari situs serupa di luar negeri.


Gambar 3: Ebook yang diklaim telah dibaca oleh pembuat situs.

Adapun situs-situs pelengkap yang digunakan sebagai endorser dan testimoni keberhasilan atas keampuhan ebook ini adalah:

http://www.hajiendin.com/
http://tanam.us/
http://caramenurunkanberatbadan.us/
http://www.gendut.us/
http://deathnote.us/
http://miegledek.com/

Menurut penelusuran tim Vaksincom, mayoritas situs dihosting menggunakan akun hosting yang sama di wiretree. Dan modus yang diterapkan oleh situs-situs yang diklaim sebagai bukti keberhasilan adalah membujuk peminatnya untuk membayar uang sejumlah Rp 95.000 guna mendapatkan e-book.

-. Wirausaha.co.uk menjanjikan e-book menjalankan wirausaha.
-. Gendut.us menjanjikan cara menjadi langsing yang bahkan diklaim bisa membuat langsing tanpa lapar, tanpa usaha/latihan rutin, tanpa harga mahal dan tidak menyita waktu.
-. Hajiendin.com menjanjikan cara memperbesar ukuran alat vital (pria) hingga 3 kali lipat dan tahan hingga 1 jam.
-. Miegeledek.com menjanjikan resep mie rasa geledek dengan harga Rp. 95.000.

Tidak lupa, seperti developer properti yang menakut-takuti dengan kenaikan harga supaya konsumen segera membeli karena harga properti akan naik setiap hari Senin. Pembuat situs juga menakut-nakuti calon pembeli supaya langsung membeli atau mengalami kenaikan harga seperti saat dicek Vaksincom pada tanggal 22 September 2014. (lihat gambar 4)


Gambar 4: Harga akan naik setelah tanggal 22 September.

Padahal setelah dicek pada saat pembuatan artikel ini 2 Oktober 2014, harga tidak dinaikkan dan tetap Rp 99.000, namun ancaman harga akan dinaikkan tetap muncul.

Gambar 5: Harga rupanya tidak jadi naik tapi janjinya besok akan naik.

Jika Anda tertarik, maka akan diminta untuk mengisi form (lihat gambar 6) yang akan di-follow up dengan perintah untuk melakukan transfer ke rekening yang telah dipersiapkan. (lihat gambar 7)


Gambar 6: Form minat membeli.


Gambar 7: Perintah transfer.

Tidak seperti toko online abal-abal yang tidak mengirimkan produk yang dijanjikan, pembuat situs ini kemungkinan akan mengirimkan e-book yang dijanjikan dalam bentuk file digital dan hal ini secara teknis bukan penipuan karena mereka memang mengirimkan produk yang dijanjikan (ebook). Tetapi ibaratnya Anda belajar dari wirausaha orang yang memberikan testimoni palsu, silakan nilai sendiri validitas dari tawaran ini.

Perlu Anda ketahui, penawaran seperti ini sudah marak terjadi dalam beberapa bulan terakhir dengan kalimat yang persis sama dan Vaksincom tidak merekomendasikan Anda mempercayai situs seperti ini.

Dasar Vaksincom mengkategorikan bahwa situs ini tidak direkomendasikan dan diragukan kebenaran datanya tentu tak asal klaim.

Pertama, situs testimoni yang diberikan semuanya tidak memiliki referensi dan alamat yang jelas di dunia nyata dan disinyalir dibuat oleh satu orang dan dihosting di server yang sama.

Penawaran wirausaha online ini juga marak terjadi di situs lain dengan kalimat yang persis sama:

"Apakah Anda Bosan dan Capek Dengan Penghasilan Yang Pas-pasan?" Jika Demikian, saya tahu persis apa yang Anda rasakan... Tidak ada yang lebih menyakitkan perasaan daripada penghasilan yang pas-pasan dan terus- terusan dikejar hutang". (lihat gambar 8 & 10)


Gambar 8


Gambar 9


Gambar 10


*) Penulis, Alfons Tanujaya adalah seorang praktisi antivirus dan keamanan internet. Ia bisa dihubungi melalui email info@vaksin.com.

(ash/ash)