Sabtu, 01 Feb 2014 16:07 WIB

Kiat Menangkal Cryptolocker Si Tukang Peras

- detikInet
Ilustrasi (Ist.) Ilustrasi (Ist.)
Jakarta -

Cryptolocker jadi salah satu virus satu yang paling ditakuti pengguna komputer Windows di tahun 2014. Sebelum Anda jadi korban, berikut cara pencegahannya.

Cryptolocker merupakan program jahat yang bisa membuat Anda mendapatkan pengalaman dimintai tebusan dengan tawanannya data komputer Anda dienkripsi. Dan kabar buruknya, tidak ada orang di dunia ini yang bisa membantu Anda mengembalikan data tersebut kecuali pembuat malware.

Tentu akan jadi mimpi buruk jika Anda menjadi korban Cryptolocker. Nah, sebelum itu terjadi ada baiknya menilik langkah pencegahan berikut:

-. Langkah utama untuk mencegah menjadi korban enkripsi data oleh Cryptolocker adalah melakukan backup data secara berkala dan disimpan secara offline.

Hal ini penting menjadi perhatian karena Cryptolocker juga mengenkripsi data mapped drive di jaringan.

-. Jika Anda menggunakan antivirus yang terupdate seperti G Data Antivirus, malware ini akan bisa dideteksi. Namun Vaksincom menyarankan anda untuk tetap melakukan backup secara teratur atas data penting seperti poin di atas karena ada kemungkinan munculnya varian baru atau aksi enkripsi data dari jaringan.

Untuk membersihkan komputer yang terinfeksi malware ini ikuti langkah-langkah di bawah ini:

>. Gunakan antivirus G Data Total Protection dengan update virus database terbaru, otomatis G Data mendeteksi adanya malware ini. Untuk link download dan manual instalasi silakan kunjungi http://www.virusicu.com/store/totalprotection.php

>. Setelah selesai instalasi lakukan update definisi antivirus. G Data dengan teknologi Behaviour Monitoring secara otomatis akan mendeteksi dan membasmi Cryptolocker dan variannya. (lihat gambar 1)


Gambar 1: Behavior Monitoring G Data Total Protection mendeteksi malware Cryptolocker yang aktif pada sistem kita contoh "kjkkkimaztdmphlztv.exe".

>. Jika Anda ingin melakukan scan pada komputer, buka Windows Explorer lalu klik kanan pada drive yang ingin di scan [C:} dan pilih [Check for viruses G Data TotalProtection 2014] (lihat gambar 2).

Klik [Ok] jika anda mendapatkan dialog box UAC User Account Control.


Gambar 2: Klik kanan pada file / folder / drive yang ingin anda scan dengan G Data dan pilih [Check for viruses].

Hasil scan oleh G Data TotalProtection akan ditampilkan seperti pada gambar di bawah ini.


Gambar 3: Scaning menggunakan G Data Total Protection yang mendeteksi malware yang menginfeksi komputer.

Web protection G Data juga akan melindungi dari aksi Cryptolocker yang akan mengunduh malware-malware lain dan menjalankannya di komputer.


Gambar 4: Web Protection G Data membatalkan aksi Cryptolocker mengunduh malware lain.

Apabila Anda menggunakan G Data Total Protection maka registri yang dibuat oleh CryptoLocker akan dihapus secara otomatis oleh G Data.

Jika Anda bukan pengguna G Data Antivirus ikuti langkah di bawah ini untuk membersihkan registri:

Copy script di bawah ini ke notepad:

[Version]

signature="$Chicago$"

Provider=vaksincom Oyee 2014

[DefaultInstall]

DelReg=del

[del]

HKCU, SoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionRun, CryptoLocker
HKCU, SoftwareMicrosoftWindowsCurrentVersionRunOnce, *CryptoLocker

Simpan dengan nama 'fixreg.inf' (Save As Type menjadi All Files agar tidak terjadi kesalahan). Kemudian jalankan fixreg.inf dengan klik kanan, kemudian pilih instal.

(ash/ash)