Jumat, 17 Jan 2014 12:46 WIB

Waduh! 95% ATM Masih Pakai Windows XP

- detikInet
(ilustrasi) (ilustrasi)
Jakarta - Saat diperkenalkan 40 tahun lalu, ATM diharapkan bisa menjadi mesin canggih yang selalu menggunakan teknologi baru. Tapi nyatanya, 95% mesin ATM masih menggunakan sistem operasi berusia 12 tahun.

Sistem operasi yang dimaksud adalah Windows XP. Dan bukan hanya pada mesin ATM, sistem operasi ini juga ternyata masih banyak dipakai para penguna komputer, terutama di China.

Menurut Robert Johnston, Direktur Marketing perusahaan terbesar pemasok ATM bernama NCR, sebagian besar mesin ATM yang beroperasi di seluruh dunia masih menggunakan Windows XP Embedded. Artinya, fatal jika Microsoft menghentikan dukungan terhadap Windows XP dalam waktu dekat.

Untungnya, Microsoft mau mengundur jadwal 'kematian' Windows XP hingga tahun 2015 mendatang. Sehingga para pemasok mesin ATM masih punya waktu untuk melakukan migrasi ke sistem yang lebih baik.

Seperti dikutip detikINET dari Business Week, Jumat (17/1/2014), mesin ATM generasi terbaru akan menggunakan sistem operasi Windows 7. Seluruh mesin terbaru itu diharapkan mulai beroperasi pada April 2014



(eno/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed