Rabu, 03 Nov 2010 15:53 WIB

Tips Menghalau 'Lindsay Lohan'

- detikInet
Jakarta - Cara terbaik menghalau penyebaran virus dan malware di Facebook adalah dengan tidak mengklik tautan apa pun, bahkan meski tautan itu dikirimkan atas nama teman Facebook yang Anda kenal. Ini juga berlaku untuk mencegah Anda menjadi korban penyebaran malware melalui video panas artis dan penyanyi Lindsay Lohan.

“Berapa pun Event Invitation yang dikirimkan kepada Anda, jika Anda tidak pernah memberikan izin (Allow) aplikasi jahat tersebut, akun Facebook Anda akan selalu aman dan tidak akan menjadi korban eksploitasi,” kata analis antivirus Alfons Tanujaya.

Dalam keterangannya kepada detikINET, Rabu (03/11/2010), Alfons menyebutkan aplikasi jahat umumnya menggunakan nama-nama yang berhubungan dengan Video HD seperti hdvidplugin, hdvideoplayer atau hd-video-now.

Lalu bagaimana jika terlanjur menjadi korban? “Segera informasikan ke seluruh teman dalam daftar kontak Facebook agar tidak  mengklik link yang diberikan dan menyetujui instalasi aplikasi,” tegas Alfons.

Setelah itu, pengguna Facebook dapat melakukan langkah-langkah berikut untuk menghilangkan program jahat tersebut.

1. Klik [Account] [Privacy Settings] seperti gambar di bawah



Selanjutnya, Anda akan membuka menu “Choose Your Privacy Settings”



2. Klik [Edit your settings] dari menu “Applications and Websites” di pojok kiri bawah untuk membuka menu “Choose Your Privacy Settings > Applications , Games and Websites



3. Klik [Remove unwanted or spammy applications] untuk membuka layar “Applications, Games and Websites > Applications You Use dan klik tanda “X” di sebelah “Edit Settings”



4. Anda akan mendapatkan layar konfirmasi Remove, klik tombol [Remove] untuk menghapus program HD Video Player




Nah, selesai! Langkah ini juga bisa digunakan untuk membersihkan malware yang disebarkan video McDonald. Silakan dicoba!

(rns/fw)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com