Pemendek URL McAfee Diklaim Lebih Aman

Pemendek URL McAfee Diklaim Lebih Aman

- detikInet
Rabu, 22 Sep 2010 16:21 WIB
Jakarta - Sering melihat postingan pemendek URL yang menggunakan TinyURL.com atau Bitly? Layanan penyingkat URL semacam ini memang cukup digemari, terutama bagi pengguna Twitter lantaran bisa menghemat ruang.

Namun kekurangannya adalah, pengguna yang mengklik URL itu tidak tahu tautan apa itu hingga dia benar-benar mengkliknya. Karena, tak seperti URL reguler yang memperlihatkan domain situs yang akan diakses, pemendek URL hanya menampilkan kode tak jelas yang tidak memberikan petunjuk tujuan situs yang akan diakses. Alhasil, bisa saja pengguna tersebut mengklik tautan berisi virus atau konten tak diinginkan lainnya.

Nah, untuk itu firma keamanan komputer dan internet McAfee menawarkan layanan penyingkat URL ciptaannya yang dinamakan McAf.ee. Layanan ini seperti dilansir Cnet dan dikutip detikINET, Rabu (22/9/2010), dipromosikan bisa menyingkat URL dengan segera tanpa memindainya untuk memastikan bahwa tautan tersebut aman. Namun ketika pengguna menglik tautan McAf.ee, sistem keamanan McAfee akan menguji tujuan akses URL singkat itu dan menentukan bahwa tautan yang diakses aman.

"Kami berharap, McAf.ee bisa diadopsi oleh mereka yang ingin meyakinkan pengguna lain bahwa URL singkat mereka aman untuk diklik," kata Vice President and Chief Technology Officer McAfee, Simon Hunt.

Ditambahkan olehnya, dalam menentukan bahwa sebuah tautan aman atau tidak, McAfee akan menggunakan beberapa database yang sama yang digunakan untuk layanan SiteAdvisor dan produk keamanan lainnya. (rns/ash)