Waspada, Grup Facebook Catut Nama Sony dan Coca-Cola

Waspada, Grup Facebook Catut Nama Sony dan Coca-Cola

- detikInet
Kamis, 04 Feb 2010 12:02 WIB
Jakarta - Sebuah grup Facebook yang mengatasnamakan Coca-Cola dan Sony berusaha menggaet Facebooker dengan promo tiket gratis piala dunia dan sejumlah hadiah uang. Namun, disinyalir ini hanya aksi tipu-tipu untuk mencuri data personal Facebooker.

Informasi dari seorang pembaca detikINET menyebutkan bahwa grup bertajuk 'COCA-COLA DAN SONY BAGI-BAGI UANG TUNAI TIAP MINGGU LEWAT FACEBOOK' ini memberikan iming-iming berupa tiket gratis piala dunia dan kesempatan untuk berfoto dengan Trofi Piala Dunia.

Tidak berhenti sampai di situ, tawaran lainnya berupa uang tunai, di mana 100 nomor ID Facebook berhak mendapatkan hadiah uang tunai tiap minggu yang akan diumumkan setiap Senin.

Untuk mengikuti promo ini, Facebooker diwajibkan memiliki minimal 100 teman, kemudian mengundang teman-temannya untuk bergabung ke grup ini, serta mendownload lima gambar sponsor yang disediakan. 100 teman akan diberi nilai 1ID, 500 untuk 5 ID dan seterusnya, lalu diundi untuk memperebutkan hadiah.

Sepertinya grup ini cukup sukses mendulang pengikut, terbukti saat detikINET menyambangi grup ini Kamis (4/3/2010), pk 11.40, jumlah anggotanya sudah mencapai angka 8.248 orang.

Namun, disinyalir promo ini hanya hoax alias tipu-tipu. Bisa jadi ini merupakan salah satu bentuk phising via Facebook dengan memanfaatkan momen Piala Dunia 2010 serta mencatut nama Coca-Cola dan Sony. Tujuannya, meraup data personal pengguna Facebook untuk tindak kejahatan. Oleh karena itu pengguna Facebook hendaknya waspada. Pihak detikINET sudah berusaha menghubungi pihak Sony untuk mengkonfirmasi hal ini, namun belum ada jawaban. (faw/wsh)