Minggu, 08 Mar 2009 09:54 WIB

Situs Pajak Diserbu Dedemit Maya?

- detikInet
Jakarta - Situs strategis pemerintah kembali dilaporkan menjadi bulan-bulanan cracker karena sistem keamanannya yang mudah dtembus. Kali ini yang menjadi korban adalah situs pajak.

Aksi ini dilaporkan oleh salah satu pembaca detikINET, Asep Saefullah. Dalam surat elektroniknya, Asep memberikan screenshot alamat URL http://pajak.go.id/ yang telah diacak-acak dedemit maya.

Latar belakang halaman tersebut berubah menjadi warna hitam dan disertai beberapa baris tulisan di dalamnya. "Hacked by Rz****. Please patch your aystem, asap! Joomla Bug> PHP Shell > owned!!!," demikian pesan dari pelaku yang ditinggalkan.

Memang itu hanya sebatas screenshot, sehingga kesahihan aksi ini pun patut dipertanyakan. Namun ketika disambangi detikINET, Minggu (8/3/2009) pagi, situs yang harusnya jadi pedoman para wajib pajak ini juga tak bisa diakses.

Pengelola mengaku saat ini tengah sibuk untuk melakukan pemeliharaan rutin terhadap situs tersebut, sehingga bagi pengguna internet yang ingin melakukan kunjungan pun harus mengurungkan niatnya.

"Situs kami sedang dalam pemeliharaan rutin. Terimakasih atas perhatian Anda," bunyi pesan tersebut.

(ash/ash)