Pentagon Larang Penggunaan Flash Disk

Pentagon Larang Penggunaan Flash Disk

- detikInet
Senin, 24 Nov 2008 10:50 WIB
Washington - Departemen Pertahanan Amerika Serikat (AS) melarang flash disk dan piranti removable lainnya berlalu lalang di wilayah Pentagon. Apa pasal?

Larangan penggunaan flash disk ini terkait dengan ditemukannya virus yang mengancam jaringan Departemen Pertahanan AS.

Dikutip detikINET dari Softpedia, Senin (24/11/2008), sebuah varian worm SillyFDC ditemukan di jaringan Departemen Pertahanan AS. Worm ini dapat menyebar melalui piranti USB dan media penyimpanan seperti CD, DVD dan sebagainya.

Sekali piranti yang terinfeksi terhubung ke komputer, worm akan dengan sigap menginfeksi sistem operasi, dan menggandakan dirinya ke piranti lain. Tak hanya itu, worm tersebut juga sanggup mengunduh malware lain dari internet ke sistem yang terinfeksi.

Departemen Pertahanan AS menanggapi serius ancaman worm ini, sehingga mereka melarang penggunaan flash disk serta piranti removable lainnya di kawasan Pentagon. Namun, kemungkinan larangan ini hanya bersifat sementara.

"Beberapa media penyimpanan yang terhubung ke komputer harus dicek untuk memastikan terbebas dari virus atau malware lain. Hendaknya user tidak mengaktifkan autorun pada Windows, sehingga piranti removable tidak otomatis beroperasi saat terhubung dengan PC," saran Graham Cluley, konsultan teknologi senior di Sophos. (faw/ash)