BERITA TERBARU
Senin, 20 Okt 2008 17:24 WIB

Giliran Data Pemilih yang 'Bocor' di Internet

- detikInet
Jakarta - Setelah data jutaan siswa sekolah dan data Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), kini giliran data pemilih dalam Pemilu 2010 yang 'bocor' di internet. Data apa saja yang tampak?

Hal ini terungkap oleh blogger asal Indonesia yang berkediaman di Thailand. Yohanes Nugroho, dalam blog Amazing Grace, mengatakan bahwa data pemilih asal Indonesia yang berkediaman di Thailand bisa diakses lewat situs PPLN (Panitia Pemilihan Luar Negeri) Bangkok.

Menurut Yohanes, yang dikutip detikINET dari blognya, Senin (20/10/2008), data yang ditampilkan sempat mencakup data yang terbilang sensitif seperti tempat tanggal lahir, alamat di Thailand dan alamat di Indonesia. Setelah menuai protes data tersebut pun diubah sehingga hanya menampilkan nama dan lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Bocornya data ini, sejauh yang bisa dipantau lewat situs pencarian, masih sebatas data pemilih di Luar Negeri. Itu pun di negara-negara tertentu.

Meski demikian, beberapa lokasi mencantumkan data yang terlalu lengkap seperti yang sempat tercantum di Thailand. Tentunya ini membuat khawatir, misalnya bagaimana jika alamat yang dicantumkan dimanfaatkan oleh pihak yang punya kepentingan?

Sekadar informasi, beberapa data pemilih di negara seperti Amerika Serikat juga bisa diakses lewat situs web. Namun, sepanjang pengamatan detikINET, ini hanya sebatas nama dan lokasi TPS. Data tersebut mungkin lebih dimaksudkan untuk memudahkan pemilih dalam mencari TPS.


(wsh/ash)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed