Rabu, 10 Sep 2008 08:27 WIB

'Rieysha: Sayang Kapan Kamu Balik Ke Indonesia?'

- detikInet
Jakarta - "Sayang Kapan Kamu Balik Ke Indonesia? Apa Kamu Kembali Dengan Hatimu Yang Dulu?" Demikian bunyi pesan yang disampaikan rieysha.

Jika di komputer Anda muncul pesan seperti itu, kemungkinan komputer Anda terinfeksi virus rieysha. Pesan ini akan muncul setiap kali komputer dinyalakan atau pada saat user membuka file yang berekstensi .TXT, .BAT, .DOC atau .INI.

Virus yang terdeteksi sebagai W32/Autorun.FCN ini merupakan virus lokal yang diduga berasal dari Yogyakarta. Rieysha dibuat dengan bahasa pemrograman Borland Delphi 6.0 dan menggunakan icon TXT (text document).

Salah satu ulah rieysha adalah mengacak-acak System Properties. Ia akan mengubah Register Owner menjadi rieysha dan Register Organization menjadi anak Jogja gitu.

Aksi lainnya, ia akan mengubah halaman utama (start page) browser Internet Explorer (IE) menjadi halaman bernuansa hitam bertuliskan "virusmaker", dengan alamat http://anharku.freevar.com. Ini adalah situs sang VM (virus maker), yang salah satu isinya adalah kumpulan virus-virus yang berhasil dibuat oleh sang VM.

Dari keterangan tertulis Vaksin.com yang dikutip detikINET, Rabu (10/9/2008), pada saat pertama kali file virus ini dijalankan, ia akan menampilkan beberapa pesan dari sang VM.

Jika pesan tersebut ditutup maka ia akan menutup semua program aplikasi yang sedang dibuka dan menutup desktop Windows dengan wallpaper yang telah dipersiapkan oleh virus yang terdiri dari beberapa warna secara terus menerus.

Pada walpaper tersebut terdapat satu opsi yang jika di centang maka akan mucul pesan 2 pesan yakni "rieysha anak jogja" dan "salam buat hacker and virus maker" secara terus menerus selama opsi tersebut di pilih.

Agar sulit dibasmi, rieysha akan menghapus file "c:\windows\system32\notepad.exe". Guna mengelabui user dan agar file yang dibuka dengan program "notepad" tetap dapat dijalankan, virus ini akan membuat file duplikat dengan nama yang sama.

Ia juga akan mengubah icon file berekstensi .bat, .ini, .doc, .txt (txtfile) dan .dll dengan icon "TXT (text document)". Virus ini juga memblok semua program yang dibuat dengan program Visual Basic 6.0.

Rieysha menyebar melalui media Flash Disk, yakni dengan membuat file dengan nama CatatanML.exe pada Flash Disk.


Ingin tahu info penting seputar virus komputer? Gabung saja di detikINET Forum!

(dwn/dwn)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed