Aneh, Langit Hawaii Tampilkan Cahaya Seperti Pusaran Air

Aneh, Langit Hawaii Tampilkan Cahaya Seperti Pusaran Air

ADVERTISEMENT

Aneh, Langit Hawaii Tampilkan Cahaya Seperti Pusaran Air

Rachmatunnisa - detikInet
Jumat, 27 Jan 2023 20:45 WIB
Fenomena langit
Langit Hawaii Tampilkan Cahaya Seperti Pusaran Air, Apa Itu? Foto: Subaru-Asahi Star Camera
Jakarta -

Sesuatu yang tampak seperti pusaran air bercahaya dalam bentuk galaksi spiral, muncul sesaat di langit malam Hawaii. Benda apa itu?

Sebelum muncul bermacam spekulasi, ahli mengonfirmasi bahwa ternyata spiral yang menakjubkan itu merupakan bahan bakar roket beku yang dikeluarkan saat peluncuran SpaceX.

Sebuah video dari penampakan cahaya halus yang ditangkap 18 Januari oleh Teleskop Subaru-Asahi Star Camera milik National Astronomical Observatory of Japan (NAOJ) dan kantor berita Jepang Asahi Shimbun, memperlihatkan gumpalan kecil cahaya terbentang menjadi pusaran air bercahaya yang bergerak melintasi langit selama beberapa menit sebelum memudar.

"Spiral itu tampaknya terkait dengan peluncuran satelit baru perusahaan SpaceX," tulis perwakilan NAOJ, dikutip dari Live Science.

Peluncuran SpaceX yang dimaksud adalah roket Falcon 9 yang berhasil lepas landas dari Stasiun Angkatan Luar Angkasa Cape Canaveral di Florida pada pukul 7:24 EST (1224 GMT) dan membawa satelit GPS baru untuk Angkatan Luar Angkasa AS.

Tahap pertama roket, yang menyediakan tenaga penggerak utama untuk lepas landas, terpisah dari tahap kedua pembawa muatan sekitar tiga menit setelah peluncuran dan akhirnya kembali ke Bumi.

Setelah berpisah dari tahap pertama, tahap kedua menggunakan mesin kecilnya untuk mendorong tubuhnya sendiri ke posisi menyebarkan satelit. Setelah satelit dikerahkan, bahan bakar yang tersisa kemudian dikeluarkan sebelum masuk kembali, yang menyebabkan tahap kedua memasuki putaran sebelum berhenti mengorbit dan jatuh ke Bumi di Samudra Pasifik.

Fenomena langitFoto: Subaru-Asahi Star Camera

Proses ini menghasilkan awan kristal bahan bakar beku berbentuk spiral, yang diterangi oleh sinar Matahari, menurut Spaceweather.com.

Ini bukan pertama kalinya roket SpaceX menghasilkan pertunjukan cahaya yang menyilaukan. Pada April 2022, Teleskop Subaru-Asahi menangkap spiral cahaya yang berkilauan setelah SpaceX meluncurkan satelit mata-mata ke orbit dengan roket Falcon 9 lainnya.

Alhasil, pemandangan yang disebut "spiral SpaceX" menjadi hal biasa di Pasifik, karena di sinilah sebagian besar tahapan roket Falcon 9 jatuh kembali ke Bumi.

Bahan bakar roket beku juga telah menciptakan beberapa anomali visual menakjubkan lainnya di belahan dunia lain. Pada bulan Maret 2022, bahan bakar beku dari roket milik China menciptakan bola cahaya besar berputar yang memotret aurora borealis di Alaska.

Pada Oktober 2017, bola biru yang lebih besar terlihat di langit di atas Siberia. Saat itu, sedang dilakukan uji coba roket militer Rusia sehingga meninggalkan bahan bakar beku di daerah tersebut.



Simak Video "4 Fenomena Langit yang Akan Terjadi di Desember 2022"
[Gambas:Video 20detik]
(rns/fyk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT